Sabtu, 28 November 2020

Membuka Festival Kampung Lappara, Wabup Sinjai Berharap Ini Bisa Menarik Wisatawan


SINJAI, KNEWS - Wakil Bupati (Wabup) Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong, menghadiri serta membuka acara Festival Kampong Lappara yang berlangsung di kampung Lappara Desa Kompang, Kecamatan sinjai tengah, Sabtu (28/11/2020) 

Festival ini mengangkat tema "Ci'nongi kampong lappara lollong assinna".

Ketua Panitia, Muhammad Yahya mengatakan bahwa festival ini merupakan festival yang rencananya akan rutin dilaksanakan setiap tahun. 

"Adapun maksud dari tema yang kami angkat ini adalah karena kampung lappara sebagai kampung tua yang sudah mulai dipengaruhi oleh dampak negatif dari era globalisasi, disamping itu kegiatan ini menjadi jembatan kreatifitas bagi pemuda dan masyarakat setempat serta tujuannya untuk memperkenalkan kampung lappara kepada masyarakat dan juga memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki kampung lappara," ujarnya.

Sementara itu, Wakil bupati sinjai Hj. Andi Kartini Ottong menyampaikan apresiasi dikarenakan festival kampung lappara ini terlaksana meskipun awalnya direncanakan pada bulan april dan baru dilaksanakan pada bulan november karena adanya pandemik covid-19. 

"Melalui festival ini, kita bisa melihat bahwa masih ada saudara kita yang tinggal di suatu kampung yang adat istiadatnya masih sangat kental, akses infrastrukturnya masih sangat terbatas namun itu semua tidak mengurangi semangat seluruh masyarakat untuk beraktifitas serta kita juga bisa melihat pontensi dari kampung lappara ini mulai dari sektor pertanian, sektor wisata yang betul-betul masih sangat alami sekali," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan "Selaku pemerintah daerah insya allah kami akan terus melakukan kontribusi dengan pemerintah Desa dan Kecamatan mengenai bagaimana perkembangan kampung lappara kedepan terutama dalam hal perkembangan objek wisata, aliran listrik dan infrastrukturnya," katanya.

Wabup Sinjai juga berharap dengan adanya festival ini bisa menarik kedatangan wisatawan.

"Pemda berharap semoga dengan adanya festival ini bisa menarik para wisatawan untuk berkunjung ke kampung lappara, meningkatkan kreatifitas para pemuda dalam mengolah wisata maupun hasil bumi lainnya agar kampung lappara akan semakin dikenal oleh masyarakat serta kami juga berharap infrastruktur jalannya akan lebih baik lagi kedepan sehingga akses kekampung lappara bisa lancar dan aliran listrik secepatnya bisa sampai dan dinikmati oleh masyarakat setempat, " harapnya.

Kegiatan ini juga dihadir Anggota DPRD Dapil IV, Camat Sinjai Tengah, Kepala Desa Kompang, Para Unsur Tripika Desa Kompang, serta  Masyarakat Kampung Lappara.

(Red)

Sebelumnya
Selanjutnya