Rabu, 28 April 2021

Capai Gelar Doktor Diusia Muda, Ketua ETDC: Semoga Capaian Ini Berkah dan Bermanfaat

 


SINJAI, KNEWS - Ketua ETDC Indonesia, Sirajuddin adalah salah satu pemuda yang berasal dari Sinjai yang akhir-akhir ini aktif dalam kegiatan pendidikan lewat organisasi yang didirikannya. 

Pria kelahiran 29 November 1989 ini tumbuh besar di salah satu perkampungan di Dusun Lembang Gogoso, Kelurahan Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe. Meskipun terlahir jauh dari perkotaan tidak menghalangi tekadnya untuk terus melanjutkan pendidikan hingga hari ini resmi mencapai gelar doktoralnya di Universitas Negeri Malang. 

Berbeda halnya dengan kampus-kampus lainnya yang biasanya ada promosi doktor, namun di UM Malang ini hanya sampai pada ujian tutup.

Founder ETDC ini berharap capaiannya ini berkah dan bermanfaat bagi instansi yang menaunginya yakni FKIP Unismuh Makassar serta untuk kemajuan pendidikan ke depannya. 

“semoga capaian ini berkah dan bermanfaat kelak bagi instansi dan pendidikan di Indonesia, aamiin”. Ungkap Sira sapaan akrabnya.

Sirajuddin memang sosok yang sangat mengedapankan pendidikan, terbukti di usianya yang masih tergolong mudah, mampu mencapai gelar doktornya tahun ini. 

Dia merupakan anak ke empat dari enam bersaudara dari pasangan  Tajuddin & Sitti Nurhayati. Adapun riwayat pendidikannya yakni di SDN. 142 Borong Ampirie I lalu di SMPN 5 Sinjai Selatan dan menamatkan diri di SMAN 1 Sinjai Selatan pada tahun 2007. 

Selanjutnya di jenjang perguruan tinggi S1 mengambil jurusan Pendidikan di Matematika Unismuh Makassar (2007-2012) kemudian jenjang S2 Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Surabaya (2013-2015) hingga S3 dengan mengambil konsentrasi yang sama yakni Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Malang (2017-2021).

Mantan aktivis HIPPMAS Sinjai ini melakukan penelitian  disertasi yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan judul "Karakterisasi Reproduksi Representasi Visual Geometris Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar”. 

Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Pendidikan matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. 3 dari 126 Mahasiswa yang memenuhi syarat sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dua temuan penelitian yakni transisi Geometris dan Direct Geometris. 

Dirinya berharap hasil penelitian ini dapat menjadi sumbangsi teori guna peningkatan pembelajaran, khusunya pada pembelajaran Aljabar.

“semoga hasil penelitian ini bisa berkontribusi secara teori untuk peningkatan pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Aljabar”. Jelasnya saat dikonfirmasi via WhatsAap.

Pada kesempatan yang sama dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada promotor Prof. Cholis Sa'dija dan co-promotor I Dr. I Nengah Parta serta Dr. Sukoriyanta juga ucapan terima kasih kepada semua penguji dan pimpinan Universitas Negeri Malang, serta kepada penguji tamu dari Cammberra University Australia Sitti Maesur, Ph.D 

Tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada pimpinan Univeritas Muhammadiyah Makassar, khususnya pimpinan FKIP Unismuh Makassar. 

“saya mengucapkan terimah kasih kepada promotor, co-promotor, penguji dan pimpinan Universitas Negeri Malang, penguji tamu dari University Australia serta pimpinan FKIP Unismuh Makassar”, paparnya.

Selanjutnya ucapan terima kasih juga dilontarkan kepada seluruh keluarga dan calon istrinya dan kepada sosok motivatornya selama menempuh studi sejak S1 hingga merantau ke tanah jawa untuk mencapai gelar doktoralnya. 

"Terima kasih juga kepada keluarga dan calon istri saya Khadijah Darwin beserta keluarganya. selain itu salah satu sosok yang sangat memberi sumbangsi dalam hidup saya pak Nasrun dan Andi Hasrianti beserta keluarga yang telah senantiasa memberikan motivasi dan bimbingan untuk terus melanjutkan pendidikan pada tingkat tertinggi. Alhamdulillah, hari ini saya dapat capai hal tersebut yakni capaian doktoral. serta ucapan terima kasih kepada teman-teman Group Perantau Ilmu dan terkhusus kepada Muhammad Ikram yg senantiasa membantu dalam penyelesaian Disertasi saya. Alhamdulillah, atas izin Allah atas segala kemudahannya yang telah dihadiahkan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan studi doktoral saya”. Tutupnya. (Red/irfan).

Sebelumnya
Selanjutnya