Minggu, 22 Juli 2018

Kolaka Di Guyur Hujan, Kelurahan Sakuli Terendam Banjir

KNEWS, KOLAKA - Hujan deras mengguyur wilayah kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) selama sepuluh jam, membuat sejumlah rumah warga di kelurahan Sakuli, kecamatan Latambaga, Kolaka, Sultra di daerah itu terendam akibat banjir, Sabtu 21 Juli 2018. Hujan yang dimulai sejak Jumat sore pukul 17.00 wita membuat puluhan rumah warga terendam air setinggi satu hingga dua meter. "Di Sakuli tadi pagi, tapi sekarang sudah surut mi air", kata Akbar".

Tingginya curah hujan membuat sungai Sakuli tak mampu menampung debet air menjadi sebagai penyebab utama terjadinya banjir di kawasan padat pemukiman tersebut. Sejumlah rumah warga yang berada di daerah aliran sungai (DAS) mengalami dampak kerusakan yang cukup parah.

Warga yang menjadi korban banjir dievakuasi oleh tim SAR karena ada yang menderita sakit. Sementara obat yang dikomsumsi sehari-hari hanyut terbawa banjir. Banjir yang disertai lumpur datang secara tiba-tiba, sehingga membuat warga tidak dapat menyelamatkan harta benda mereka, dan mengungsikan diri ke tempat yang lebih aman. Di himbau kepada warga untuk tetap waspada guna mengantisipasi banjir susulan. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Dan berharap agar pemerintah kabupaten Kolaka dan instansi terkait segera menyalurkan bantuan berupa makanan dan minuman serta pakaian.(*KNrdm)

Sebelumnya
Selanjutnya