Jumat, 17 Agustus 2018

Himbauan Rektor UNM Dalam Upacara HUT RI Ke-73 di Pelataran Pinisi

Rektor UNM, Prof. Husain Syam
KNEWS, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (HUT ke-73 RI), Universitas Negeri Makassar  (UNM) menggelar upacara peringatan proklamasi kemerdekaan RI, di Pelataran Menara Pinisi, Jumat pagi (17/8/2018).

Pada kesempatan tersebut Rektor UNM Prof. Husain Syam bertindak sebagai pembina upacara  dan dihadiri oleh seluruh jajaran civitas akademika UNM.

Dalam sambutan seragam Menristekdikti yang disampaikan oleh Rektor UNM  mengatakan bahwa HUT ke-73 RI tidak hanya menjadi momen peringatan bagi kita, namun menjadi saat yang tepat untuk merefleksikan kembali capaian yang telah diraih dan bersiap atas segala tantangan ke depan.

"Ke depan, kita masih harus bergulat untuk mengatasi banyak tantangan, diantaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing, dan revolusi Industri 4.0. Tantangan-tantangan ini tidak boleh menjadi aral semangat kita,"

Lebih lanjut, untuk menghadapi tantangan tersebut, dibutuhkan pengembangan literasi, dari literasi lama yakni kemampuan membaca, menulis dan matematika, menuju literasi Teknologi yang lebih mutakhir yang mesti diajarkan dalam dunia kampus.

"Kita harus memperkuat literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu Data Literation, Technology Literation dan Human Literation. Literasi Data merupakan kemampuan mahasiswa kita untuk membaca, menganalisis dan menggunakan informasi dari Big Data dalam dunia digital. Literasi Teknologi merupakan kemampuan untuk memahami sistem mekanika dan teknologi dalam dunia kerja," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dirangkaikan dengan penyemata tanda kehormatan satyalencana kepada 89 PNS, untuk masa bakti  10 tahun 27 orang , 20 tahun 19 orang , dan 30 tahun 43 orang.

Pada kesempatan itu pula, sejumlah penghargaan dan juara lomba dalam rangka Diesnatalais UNM ke-57 diberikan dalam lingkup UNM, diantaranya, pengabdi terbaik diberikan kepada Prof. Husain Syam, sedangkan pada lomba tennis eksekutif dan bulutangkis eksekutif Prof. Husain Syam berhasil meraih juara pertama.

Sebelumnya
Selanjutnya