Sabtu, 29 Juni 2019

UNM Berikan Pelatihan Komunikasi Positif untuk Membentuk Guru yang Profesional

Dosen UNM dan Para Tenaga Pendidik di Bone

KNEWS, BONE - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar bekerjasama dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) mengadakan pelatihan komunikasi positif dalam proses pembelajaran bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilakukan kurang lebih selama 3 bulan, mulai dari tahap persiapan, pelatihan, dan pendampingan. Untuk pelatihannya, dilakukan pada tanggal 27-28 Juni 2019.

Program kemitraan masyarakat ini diketuai oleh Prof. Dr. Mantasiah R., M.Hum yang merupakan salah satu dosen di Universitas Negeri Makassar sekaligus sebagai Ketua Pusat Penelitian Ilmu Pendidikan LP2M Universitas Negeri Makassar.

"Seorang guru seharusnya dapat memperhatikan tindak tutur yang diucapkan dalam proses pembelajaran, karena hal tersebut akan mempengaruhi aspek psikologi siswa," Ucal Prof. Mantasiah, Jumat (28/6/19) saat dikonfirmasi wartawan.

Menurutnya, seorang guru diharapkan dapat selalu memotivasi siswa di setiap tindak tutur yang diucapkannya. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa guru harus mempunyai pemahaman terkait komunikasi positif dalam proses pembelajaran.

Dikesempatan yang sama, menurut salah seorang peserta pelatihan mengatakan bahwa pelatihan tersebut disambut para guru dan dinilai sebagai pelatihan yang sangat dibutuhkan tenaga pendidik.

“Program pelatihan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami selaku tenaga pendidik, semoga kami dapat menerapkan ilmu yang telah kami dapat di pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kami kdepannya,” Ucap Darmawati.

Pihak LP2M UNM berharap melalui pelatihan ini, guru dapat membedakan tuturan-tuturan yang bersifat positif ataupun sebaliknya, serta dapat mengimplementasikan tuturan positif tersebut dalam proses pembelajaran. (*)

Sebelumnya
Selanjutnya