Selasa, 29 September 2020

Ini Alasan Kenapa Najwa Shihab Ingin Mendatangkan Menkes di Mata Najwa


JAKARTA, KNEWS - Jurnalis handal Najwa Shihab mengungkapkan alasan kenapa ia ingin mengundang Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto ke "Mata Najwa".

Hal ini dia beberkan untuk menjawab viralnya video "Mata Najwa" edisi "Menanti Terawan" di media sosial.

Dia menuturkan bahwa pejabat seperti Terawan sangatlah di butuhkan publik untuk memberikan penjelasan terkait Pandemi Covid-19 di Indonesia. 

"Tak ada yang lebih otoritatif selain menteri untuk membahasakan kebijakan-kebijakan itu kepada publik, termasuk soal penanganan pandemi," kata Najwa, Selasa (29/9/2020). Dikutip di Kompos.

Selama ini, penanganan pandemi terkesan terfragmentasi, tersebar ke berbagai institusi yang bersifat ad-hoc, sehingga informasinya terasa centang perenang," tuturnya. 

Saat kasus pandemi Covid-19 di Indonesia semakin meningkat, Menkes Terawan memang sudah sangat jarang tampil di media. 

Adapun penilaian Najwa bahwa publik berhak mengetahui apa yang telah, sedang dan akan terjadi mengenai covid-19 di Indonesia 

Warga negara wajib patuh kepada hukum, tapi warga negara juga punya hak untuk mengetahui apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan oleh negara," jelas Najwa. 

Diluar daripada itu, Najwa juga mengungkapkan mendapat banyak titipan pertanyaan dari masyarakat untuk Terawan.

Hal itu pula yang menjadi salah satu alasan mengapa "Mata Najwa" ingin mengundang Terawan.

"Meneruskan berbagai permintaan itu, undangan ini kami sampaikan. Undangan ini bukanlah tantangan atau sejenisnya," katanya. 

"Tapi benar-benar harapan agar info dan kebijakan penanganan pandemi ini bisa diperoleh langsung dari pemegang kewenangan," lanjut Najwa.

Oleh karena itu, Mata Najwa memberikan ruang pada Terawan untuk menjelaskan dengan mekanisme dua arah atau diskusi.

(Ril/Akila)

Sebelumnya
Selanjutnya