Senin, 09 November 2020

Pengunjung Pesta Adat Mappogau Sihanua Karampuang Berbeda Dari Tahun Sebelumnya


SINJAI, KNEWS - Ratusan pengunjung memadati lokasi Pesta Adat "Mappogau Sihanua Karampuang" 2020 di Desa Tompo Bulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Senin (09/11/20).

Upacara Mappogau Sihanua adalah suatu upacara Adat terbesar yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan Oktober atau November oleh Lembaga Adat Karampuang.

Salah satu Pemuda Adat Karampuang,  Marjuli mengungkapkan bahwa kegiatan ini biasanya dihadiri bahkan ribuan pengunjung dari berbagai daerah bahkan dari luar Provinsi Sulawesi Selatan.

"Berbeda tahun sebelumnya, kegiatan kali ini tetap mengikuti anjuran pemerintah terkait Protokol Kesehatan karena adanya Pandemi Covid-19," ungkapnya.

Dirinya mengatakan bahwa pengunjung kawasan ini diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan.

"Jadi setiap pengunjung yang ingin masuk di lokasi Pesta Adat ini diwajibkan memakai Masker dan mencuci tangan yang telah disediakan di gerbang," tambahnya.

Sementara itu, Pemangku adat Puang Mangga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang digelar secara turun temurun.

"Kegiatan upacara Mappogau Sihanua ini merupakan kegiatan secara turun temurun yang dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah," jelasnya 

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai Akbar Mukmin dan Masyarakat dari berbagai Daerah.

(Fikar)

Sebelumnya
Selanjutnya