Selasa, 17 November 2020

Short Couse Sesi Dua Penulisan Jurnal, Berikut Pembahasannya


MAKASSAR, KNEWS - Short Course Penulisan Artikel Jurnal yang adakan oleh Bidang Informasi dan Komunikasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya sesi kedua. Selasa, (17/11/20) 

Pada sesi kedua kali ini narasumber membahas mengenai tips dan trik seputar penulisan daftar pustaka dan mencari referensi yang aktual juga relevan. 

Ahmad Harakan, yang merupakan Editor in Chief Otoritas Jurnal Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makassar banyak memberi rekomendasi untuk HMI Cabang Gowa Raya dalam menumbuhkan antusiasme kader pada dunia kepenulisan, antara lain; 

1. Memanfaatkan jejaring kader untuk membuka layanan terjemahan, editing dan proofreading.
2. Memanfaatkan kemudahan pencarian sumber referensi ilmiah dengan membangun digital library berbasis meta data.
3. Penulisan artikel ilmiah sebagai wadah meyampaikan gagasan dan artikulasi kepentingan. 

Ahmad pun berharap pada sesi kali ini peserta mampu memanfaatkan beragam metadata dalam menelusuri dan memanfaatkan jurnal ilmiah sebagai referensi dalam peyusunan karya tulis. 

"Teman-teman bisa memanfaatkan Perish metadata dalam pencarian referensi, Mendeley dalam penulisan daftar pustaka, hingga membagi sumber jejaring," tuturnya 

Lanjutnya, ia mengatakan bahwa artikel jurnal juga sangat membantu dalam penukidan tugas akhir yang memiliki muatan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Artikel jurnal juga sangat membantu dalam penulisan tugas akhir seperti skripsi yang dimana pada jurnal memiliki muatan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya jika dimuat pada situs jurnal bukan pada blog ataupun situs web pribadi. Selain itu isu sabjek ataupun objek kajian pada artikel jurnal juga terus ter Update atau memperbaharui," lanjutnya. 

(Red) 

Sebelumnya
Selanjutnya