Jumat, 12 Februari 2021

HMJ Ekonomi Islam Bersama Jurnal Laa Maisyir Gelar Kuliah Tamu


GOWA, KNEWS- Laa Maisyir: Jurnal Ekonomi Islam Bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam menggelar kuliah tamu, via Zoom meeting, Kamis (11/02/21).

Saat ini, Laa Maisyir sudah terakreditasi dengan peringkat sinta 4. “Selanjutnya, peta jalan Laa Maisyir menjadi sinta 2 pada reakreditasi selanjutnya”, kata Sirajuddin Roy penyunting pelaksana Laa Maisyir.

Dalam kesempatan, Laa Maisyir mengundang Prof. Dr. Ali Saukah. Guru besar Universitas Negeri Malang.

Dipandu ketua penyunting Laa Maisyir, Ismail Suardi Wekke, kuliah tamu membahas mengenal plagiasme.

“Dimana plagiat ini, bisajadi dilakukan karena ketidaktahuan. Untuk itu Laa Maisyir dan HMJ Ekonomi Islam, mendiskusikan ini untuk dihindari,” tuturnya.

“Jurnal merupakan ekosistem keilmuan, penerbitannya hanya salah satu ikhtiar. Termasuk dengan melakukan program edukasi penulis” lanjut Ismail.

Dalam kaitan itu, kata Ismail bahwa pelaksanaan kuliah tamu ini untuk memberikan edukasi kepada penulis.

Sementara itu, Andi Muhammad Khaerul Isman selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Islam menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk mengenal lebih dalam hal-hal yang berhubungan dengan plagiasi khususnya di kalangan mahasiswa.

Selanjutnya Khairul mengungkapkan bahwa kegiatan kuliah tamu sebagai respond terhadap isu-isu yang belakangan ini hangat diperbincangkan.

“Dimana ada kasus perbedaan pandangan terkait dengan plagiat,” tuturnya.

Kuliah tamu yang diadakan ini untuk dapat membantu mahasiswa dan juga dosen dalam mengenali jenis palgiarisme. 

Sehingga karya tulis yang dibuat, dapat menghindari plagiasi.  Khairul berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin.

“Semoga kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sehingga bisa membantu khususnya mahasiswa dalam dunia penulisan," tutupnya.

(Ril/Red)

Sebelumnya
Selanjutnya