Rabu, 17 Maret 2021

Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari Realisasikan Program Piring Emas

PAPUA BARAT, KNEWS - Upaya menumbuhkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan disekitarnya pada masa pandemi covid-19. Kodim 1801/Manokwari dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Manokwari bersinergi melaksanakan kerjasama dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Rabu (17/03/21)

Dari informasi yang diterima Kerjasama Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari adalah Program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan dapat disebut juga Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat (Piring Emas) yang memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional yang merupakan awal penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan dunia usaha, Peningkatan Penghasilan Masyarakat serta dapat memicu titik awal Pemerataan pembangunan daerah hingga Nasional.

Piring Emas ini telah berjalan di Distrik Masni dan yang melaksanakan adalah Koramil 1801-06/Masni. Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat yang sudah berjalan diantaranya Program Tanaman Hidroponik di Koramil 1801-06/Masni yang sudah melaksanakan panen Sayur Sawi di Tanaman Hidroponik, Program Pembuatan Ramuan Obat Ternak (Roter) dan Pembuatan Rens/Pagar Sapi di Kampung Muara Prafi yang bertujuan untuk menertibkan Sapi Liar dan penggemukan sapi.

Dalam hal menertibkan sapi liar ini, Koramil Masni berupaya mencegah terjadinya adanya gesekan antara peternak dengan petani dan membantu pertumbuhan populasi usaha pemeliharaan ternak sapi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Distrik Masni.

Selain itu, masih ada Program Piring Emas yang sedang berjalan adalah Budidaya Ikan Lele sebanyak 10.000 ekor di Lahan Kosong Kodim 1801/Manokwari. Keempat Program tersebut yang sudah dilaksanakan merupakan wujud keseriusan Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah Kabupaten Manokwari. Piring Emas ini juga akan dilaksanakan di Distrik Masni, Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Pegunungan Arfak agar program ini dapat dirasakan kalangan masyarakat khususnya di wilayah Kodim 1801/Manokwari.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BRI Cabang Manokwari, Rits Jacobus De Fretes menyampaikan bahwa BRI sebagai penompang UMKM yang jelas tujuan utama adalah melakukan recovery UMKM dalam kondisi Pandemi Covid-19.

"Salah satu caranya seperti ini benar-benar mengapresiasikan Kodim 1801/Manokwari yang sudah menggandeng BRI dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk di masa pandemi covid-19 ini," pungkasnya.

"Kerjasama Kodim 1801/Manokwari dan BRI Cabang Manokwari ini merupakan langkah awal membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki suatu daerah serta meningkatkan perekonomian masyarakat lokal yang berada di wilayah Kabupaten Manokwari," tutupnya.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya