Rabu, 07 April 2021

Produktif, Warga Sinjai Borong Belajar Racik Tembakau

 


SINJAI, KNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sinjai melakukan pelatihan kegiatan koordinasi.

Sinkronisasi dan pelaksanaan pemberdayaan industri serta peran serta masyarakat melalui Pelatihan Olahan, Meracik dan Peningkatan Mutu Tembakau yang dilangsungkan di Aula Kantor Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong pada Selasa 06 April hingga Rabu 07 April 2021 kemarin.

Dilansir knews dari ujaran. Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri dari Pembina Petani Tembakau Wonosobo, Santoso. Pemateri juga diketahui pernah menjadi peracik di perusahaan rokok Djarum.

Santoso mengatakan bahwa tembakau Sinjai Borong berbeda dari tembakau manapun.

"Tembakau di Sinjai Borong itu tdak ada samanya di dunia, punya ciri khas tersendiri. Tiap tahun para petani produksi tembakau tapi nggak ada peningkatan," Ujarnya dalam press release tersebut. Rabu (7/4/21).

Selain itu, Santoso juga mengungkapkan harapannya agar dengan adanya pembinaan tersebut dapat meningkatkan kualitas produksi dan pendistribusian tembakau.

"Makanya saya datang ke sini untuk membina para petani dalam meningkatkan mutu tembakau. Sehingga para petani pun sejahtera, bukan hanya pedagang," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Batu Belerang, Ahmad P sangat mengapresiasi pelatihan pelatihan tersebut serta berharap pembinaan tersebut terus berkelanjutan.

"Harapan saya pembinaan seperti ini bisa berkelanjutan. Karena untuk meningkatkan kreatifitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat sangat perlu yang namanya pembinaan dan pelatihan," harapnya.

Peserta yang hadir mengikuti pelatihantersebut adalah para petani tembakau di Sinjai Borong.

Diketahui, dalam mengikuti kegiatan tersebut para peserta antusias melakukan praktek meracik tembakau dengan beberapa bahan khusus yang dicampurkan. (Red/Anca).

Sebelumnya
Selanjutnya