Rabu, 04 Agustus 2021

3 Tips Paling Ampuh Mengatasi Rasa Malas Menulis

 

Sumber foto : pexels.com


ARTIKEL, KNEWS- Menulis merupakan kegiatan mengungkapkan gagasan, pikiran, pengalaman dan pengetahuan menggunakan pikiran menjadi simbol yang dapat dengan mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain. 

Seseorang dapat dengan bebas memilih jenis tulisan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Beberapa tulisan yang umum ditemui, yakni menulis jurnal, berita, artikel fiksi, deskripsi, karya tulis ilmiah, puisi, surat, novel, dan lain-lain. 

Namun sebagian orang menganggap bahwa menulis itu bukan hal yang mudah. Karena aktifitas menulis mengharuskan otak berpikir kreatif. Selain itu menulis juga membutuhkan waktu untuk menghasilkan karya yang memuaskan. Akibatnya banyak orang  merasa malas menulis jika tulisannya belum mampu memuaskan pembaca.

Akan tetapi pada kenyatannya kegiatan menulis dapat dijadikan sebagai alat penyampai. Melalui tulisan kita bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat bagi pembaca.  

Nah, berkaitan dengan kurangnya kepercayaan diri dalam menulis bukan hal yang harus di jadikan alasan. Oleh karenanya tetap menulis adalah pilihan tepat untuk menjadikan kita lebih cerdas dan terpelajar.

3 Tips dan cara mengatasi malas menulis

1. Fokus pada satu target (sukses)

Untuk mencapai suatu titik kesuksesan dalam menulis anda harus memiliki target. Hal ini penting sebagai motivasi agar tetap semangat dalam menulis. Oleh karena itu segera temukan motivasi sukses.

2. Luangkan waktu mencari ide (membaca)

Tips ini, dapat membantu anda menjadi lebih percaya diri untuk menulis. Karena dengan banyak membaca akan membuat anda memiliki ide yang luas sehingga mampu menulis dengan menarik dan insyaaAllah akan memuaskan pembaca.

3. Kenali hambatan dalam menulis

Mengatasi masalah ini, anda perlu bertanya kepada orang terdekat yang sudah ahli dalam bidang kepenulisan. Selain itu, perhatikan karya tulis penulis terkenal. Pelajari gaya dan tata bahasa yang mereka gunakan. Meskipun sedikit memakan waktu, namun hal itu dapat memudahkan anda menulis secara benar dan tepat. Nah Jika telah merasa tata bahasa dan gaya menulis anda sudah benar, maka saya yakin anda bisa menulis dengan percaya diri tanpa ada rasa ragu akan ketidakpuasan pembaca pada  tulisan anda.

Semoga tips di atas bisa membantu anda dalam mengatasi rasa malas menulis.


Ayu

Sebelumnya
Selanjutnya