Selasa, 17 Agustus 2021

Kemerdekaan Republik Indonesia, berikut Sejarah Proklamasi kemerdekaan Indonesia serta Teks Proklamasi yang di tanda tangani Soekarno-Hatta


 


ARTIKEL,KNEWS- Pada Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan Untuk mencapai Kemerdekaan Indonesia, ada berbagai peristiwa penting dibalik proses proklamasi kemerdekaan RI. 

Bahwa dimana Soekarno dan Hatta harus menghadapi peristiwa yaitu  Rengasdengklok. Dan Hingga akhirnya, Soekarno dapat membacakan teks proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta.

Dikutip dari Kebudayaan.kemdikbud.go.id, naskah proklamasi disusun oleh Soekarno, Hatta dan Soebardjo di ruang makan milik Laksamana Maeda.

Pada Naskah tersebut, selesai dibuat dalam waktu dua jam. Kemudian, naskah diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik. Kemudian, dalam proses pengetikan, Sayuti Melik didampingi BM Diah. Barulah, naskah  diserahkan kembali kepada Soekarno untuk ditandatangani.


Berikut Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia:

Jepang Menyerah pada Sekutu

Dikutip dari TribunnewsWiki.com, Soekarno harus menghadapi terjadinya peristiwa Rengasdengklok sebelum membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa tersebut, ditandai dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu. Namun,  hal itu justru menimbulkan masalah baru menjelang kemerdekaan Indonesia. Sebelum menyerah kepada sekutu, Jepang berencana menghadiahkan kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Namun, menyerahnya Jepang kepada sekutu membuat beberapa orang ingin Kemerdekaan Indonesia segera dilakukan. Sehingga, ini memunculkan perbedaan pendapat antara golongan tua dan muda.

Pada Golongan tua ingin ingin adanya pertumpahan darah, jadi kurang setuju jika kemerdekaan segera diproklamasikan. Namun, pada golongan muda ingin segera memproklamasikan kemerdekaan.

Penculikan Soekarno - Hatta (Peristiwa Rengasdenglok). Dalam rangkaian peristiwa sebelumnya, golongan pemuda menculik Soekarno dan Mohammad Hatta.

Dalam penculikan itu, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok pada tanggal 16 Agustus 1945. Pada saat itu, Setelah mencapai kesepakatan, Bung Karno dan Bung Hatta dibawa kembali ke Jakarta. Keduanya, tiba pada pukul 02.00 WIB dini hari, delapan jam sebelum proklamasi


Detik-Detik Proklamasi

Para pemimpin bangsa dan tokoh pemuda sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan dilakukan di sebuah rumah yang berlokasi di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Timur pada pukul 10.00 WIB.

Lantas, Mohammad Hatta meminta kepada pemuda yang bekerja di kantor berita dan pers untuk menyebarkan dan memperbanyak naskah proklamasi ke seluruh dunia.

Pada momen tersebut, bendera Indonesia juga sudah disiapkan. Bendera itu dijahit oleh Fatmawati Soekarno. Hingga akhirnya, Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada pukul 10.00 WIB.


Pengetikan Naskah Proklamasi

Setelah proklamasi dirumuskan, teks proklamasi diketik di Ruang Pengetikan Teks Proklamasi oleh Sayuti Melik. Kemudian, teks proklamasi segera dibawa kembali ke ruang pengesahan atau penandatanganan naskah proklamasi.

Di ruang ini, naskah proklamasi ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Berikut ini teks proklamasi hasil ketikan naskah tulisan tangan Soekarno, sebagaimana dilansir cagarbudaya.kemdikbud.go.id:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta.

Pembacaan teks pada  proklamasi pun menjadi  bukti bahwa Indonesia telah merdeka.


Irn

Sebelumnya
Selanjutnya