Sabtu, 14 Juli 2018

Ini Manfaat Kopi Pahit, Nomor 4 Produktif ?

KNEWS, KESEHATAN - Manfaat kopi pahit ternyata sangat banyak dan lebih menakjubkan dari yang kita bayangkan. Minum kopi pahit bukan berarti minum tanpa gula, namun bisa juga berarti minum kopi dengan gula yang sedikit.
Karena ada banyak cara orang minum kopi, mulai dari dicampur susu, latte, atau gula. Yang kita bahas saat ini adalah manfaat dari kopi pahit yang cenderung diminum orang dengan sedikit sekali gula atau bahkan tanpa gula sekali pun.
Berikut ini adalah manfaat kopi pahit dari segi kesehatan.
  1. Mengurangi Kerusakan Fungsi Kognitif pada Lansia, Wanita dan pria yang sering minum kopi pahit tanpa gula juga bisa memiliki saraf motorik dan sensorik yang sangat bagus. Penurunan fungsi saraf biasanya terjadi pada orang tua dan bisa menurunkan kemampuan aktivitas orang tua. Namun konsumsi kopi hitam secara teratur telah terbukti mengurangi semua jenis resiko penuaan yang berhubungan dengan saraf. Bahkan hal ini telah dibuktikan oleh seorang ahli nutrisi dan diet yang bernama Joan Salge Blake dan penelitian tersebut pernah ditulis dalam American Journal of Epidemiology (edisi tahun 2002).
  2. Mengurangi Potensi Diabetes, Manfaat kopi pahit tanpa gula memang salah satu minuman yang sangat bagus dalam mengurangi potensi kenaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga berfungsi untuk melancarkan proses metabolisme sehingga membuat produksi hormon insulin bisa dilakukan sesuai kebutuhan tubuh. Orang yang bisa mengonsumsi kopi hitam secara rutin bisa meningkatkan produksi insulin dan menyeimbangkan hormon yang mengatur produksi insulin.
  3. Mendukung Kesehatan Tulang, Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan penyakit tulang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang tua terutama wanita yang sudah mengalami menopause. Hal ini disebabkan karena masa kalsium dalam tubuh tidak bisa diserap oleh tulang dengan baik. Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita dan pria.
  4. Meningkatkan Produktivitas, Kopi memang bahan yang sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktifitas. Kafein juga bisa mengirimkan efek stimulan pada saraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.
Sumber : Lliputan6

Sebelumnya
Selanjutnya