Sabtu, 04 Agustus 2018

Cara Kuno Wanita Jepang Jaga Kecantikan

KNEWS, KESEHATAN - Kecantikan wanita Jepang memang tak perlu diragukan lagi. Kulit sehat dan bersinar yang mereka miliki tak mahal dan bukan semata-mata hasil penggunaan produk perawatan kulit.

Cara tradisional yang alami dan telah diterapkan selama berabad-abad lalu menjadi rahasia wanita-wanita Negeri Sakura ini untuk tetap awet muda.

Sejumlah wanita di Negeri Matahari Terbit ini punya kebiasaan yang terus dilakoni dari generasi ke generasi. Mereka terbiasa untuk menggunakan beberapa produk alami. Cara tradisional itu terbukti berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit.


 Barangkali saja cara cantik wanita Jepang ini bisa jadi rujukan, berikut beberapa cara alami ala Jepang untuk merawat kulit.

1. Onsen
Onsen merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Jepang untuk mandi dan berendam di sumber mata air panas. Selain ampuh menenangkan tubuh, menghabiskan waktu berendam air panas juga bermanfaat bagi kulit. Pasalnya, tak sembarang air digunakan untuk onsen.

Air yang digunakan untuk onsen harus mencapai suhu-suhu tertentu dari 25-42 derajat Celcius. Selain itu, air onsen juga harus mengandung 1 dari 19 mineral yang punya sifat menyembuhkan.

Mengutip The Independent, kandungan mineral dalam onsen mampu mengurangi iritasi kulit pada konsisi kronis seperti eksim dan psoriasis. Selain itu, mineral juga membuat kulit halus dan terlihat bersinar.


 2. Rumput laut
Rumput laut berjenis wakame merupakan salah satu makanan wajib masyarakat Jepang. Rumput laut ini terbukti mengandung antioksidan yang kuat, protein, kalsium, zat besi, kalium, folat, vitamin A, C, D, E, K, dan B12.

Selain itu, disebutkan pula dalam Eat Algae bahwa rumput laut punya sifat antiaging lantaran kemampuannya menghambat hyaluronidase, enzim yang 'menyerang' produksi Hyaluronic acid (HA) atau asam hialuronat yang membuat kulit lebih elastis dan halus.

3. Teh hijau
Masyarakat Jepang juga terkenal dengan budaya menyeruput teh hijau. Sebagaimana diketahui, teh hijau punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Beberapa studi menunjukkan penggunaan teh hijau mampu menurunkan risiko kanker kulit. Selain itu, teh hijau juga terbukti ampuh untuk membasmi jerawat yang membandel.

4. Diet seimbang
Masyarakat Jepang biasa menerapkan prinsip ichijyu sansai atau satu sup dengan tiga sayuran beserta nasi dan ikan. Ini merupakan salah satu cara mereka untuk mengikuti program diet seimbang.

Dikutip dari Savvy Tokyo, variasi makanan ini membuat tubuh kaya akan asupan vitamin dan asam lemak omega-3. Kandungan ini dapat mengurangi produksi racun dalam tubuh sehingga membuat kulit terhindar dari inflamasi dan penuaan dini. (*)


Sebelumnya
Selanjutnya