Kamis, 04 Oktober 2018

Tingkatkan Taraf Ekonomi Warga dengan Olahan Ikan Mas Pindang


MAROS, KNEWS.CO.ID - Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pelatihan pembuatan olahan ikan mas pindang kepada warga masyarakat Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Selasa (2/10/2018).

Pelatihan yang diprakarsai oleh Nur Eni P, SE, M.SA, Ak, CA (ketua), Hajrah Hamzah, SE, M.Si,Ak dan Dr. Siti Fauziah, S.Si, M.Si mengusung tema "PKM Ikan Mas Cyprinus Pindang Manis di KecamatanBantimurung, KabupatenMaros".

Kegiatan ini didasari oleh fakta bahwa Perikanan air tawar di Kabupaten Maros memiliki potensi yang cukup besar jika dikelola dan dikembangkan dengan baik. karena disana terdapat Sungai, empang, dan kolam. Ikan merupakan salah satu komoditas unggulan daerah Maros.

Namun, masyarakat masih belum mengetahui cara pengolahan ikan tawar dengan baik. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah ikan mas pindang pada mitra, dalam hal ini adalah Kelompok Tani Mawar dan Kelompok Tani Mekar.

Hal itu diungkapkan Nur Eni P, bahwa Program ini merupakan program yang bersifat aktual dalam rangka peningkatan pengetahuan dan wawasa Kelompok Usaha Tani Mawar dan Kelompok Tani Mekar di Kecamatan Bantimurung dengan cara pengolahan ikan mas pindang sebagai komoditas produksi melalui sosialisasi dan pelatihan.

"Program ini akan mengacu pada pola sinergis antara tenaga Ahli dan praktisi dari Universitas Negeri Makassar maupun Universitas Hasanuddin Makassar dengan kalangan birokrasi dan administrasi pemerintah Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros," ungkapnya.

Adapun luaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah Perbaikan proses produksiikan mas menjadi pindang manis bercita rasa, kemudian Manajemen olahan ikan mas, dan  Proses pengemasan serta pelabelan.

Sosialisasi dan pelatihan ini juga disertai dengan pendampingan terhadap proses produksi dan proses pengemasannya, sehingga diharapkan kegiatan Mitra Kelompok Tani Mawar dan Kelompok Tani Mekar mengarah pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat berjalan secara berkesinambungan dan dapat meningkatkan perekonomian anggotanya. (red)

Sebelumnya
Selanjutnya