Jumat, 21 Juni 2019

Bosan Belajar Matematika ? Mahasiswa UNM Ciptakan Game ESPER

Mahasiswa UNM dan Dosen Pembimbing

KNEWS, MAKASSAR - Mahasiswa Program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar berhasil mengembangkan sebuah aplikasi untuk membantu Siswa yang merasa takut dan bosan belajar Matematika.

Aplikasi yang bernama ESPER ini merupakan sebuah GAME yang dapat memberikan sensasi baru dalam belajar.
Selama ini, jika berbicara Matematika dibenak orang matematika itu susah dan membosankan.

Menjawab tantangan dari permasalahan tersebut, tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika dan Komputer UNM, yakni Muh. Alwi, Karmila, dan Oda Parwati menciptakan aplikasi menggabungkan permainan game dan pembelajaran yang bertujuan untuk menjadikan siswa dapat bermain tapi tidak lupa belajar.

ESPER merupakan singkatan dari (Extraordinary super power electronic in realm), aplikasi ini didesain untuk memudahkan siswa dalam belajar matematika guna untuk mengubah stikma bahwa pelajaran matematika itu membosankan

Karmila, salah satu anggota tim penggagas ESPER, menyampaikan bahwa dalam game ini itu menggabungkan dua fungsi.

“Pada game ini kita menggabungkan permainan laga dan adventure, jadi dalam perjalanan game jika kita mau pindah level kita harus menjawab soal matematika dulu” Tuturnya, Jumat (21/6).

Dikesempatan yang sama, menurut Mub. Alwi sebagai Ketua TIM, mengatakan bahwa game ESPER masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut.

"Penambahan karakter, skill dan item soal dari game akan terus dilakukan pengembangan” Ucapnya.

Pihaknya berharap, aplikasi ini mampu mengubah stikma para siswa bahwa Pelajaran Matematika tidak perlu ditakuti, karena dengan APLIKASI ESPER, siswa dapat bermain game tetapi tidak luput dari belajar. Game ini dilengkapai dengan pembelajaran Matematika. (*)

Sebelumnya
Selanjutnya