Rabu, 12 Juni 2019

Inovatif, Mahasiswa UNM Ciptakan AC Cerdas Ramah Lingkungan

Mahasiswa UNM

MAKASSAR, KNEWS - Pemanasan global yang disebabkan oleh lapisan ozon yang menipis membuat suhu permukaan Bumi semakin meningkat. Meningkatnya suhu bumi ini mengakibatkan penggunaan AC juga turut meningkat.

Ironisnya teknologi ini tidak ramah lingkungan dan berisiko terhadap penipisan lapisan ozon.

Hal itulah yang menjadi latar belakang mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar ini mulai menginisiasi sebuah teknologi ramah lingkungan.

Teknologi tersebut dirancang oleh tiga orang mahasiswa, Anisa Febriani Musakkir, Martati dan Haslina yang di beri nama 'Si RETEC' sebagai sebuah AC cerdas (pendingin ruangan) ramah lingkungan.

Menurut Anisa Febriani Musakkir sebagai salah satu anggota tim, mengatakan alat miliknya menerapkan teknologi peltier sebagai subtitusi Freon dan teknologi cerdas yang menerapkan Voice Recognition dimana penggunanya bisa berinteraksi langsung dengan Si RETEC sehingga AC ramah lingkungan ini bisa menyala dan dikontrol tanpa remot.

“Kita tinggal menginput suara ‘Ok Retec Nyalakan AC’ maka AC akan menyala,” Ujar Anisa, Rabu (12/6) di Kampus Parangtambung, UNM.

Lanjut "Selain ramah lingkungan AC ini juga hemat Daya, sehingga penggunaan listrik menjadi lebih hemat dibanding AC Konvensional saat ini, SI RETEC memiliki bentuk yang unik karena memiliki ukuran yang minimalis dan bersifat portable," Jelasnya kepada awak media.

Pihaknya sangat berharap mendapat dukungan dari semua pihak agar inovasi ini bisa digunakan di masarakat luas sehingga menciptakan kondisi yang ramah linkungan guna meminimalisir terjadinya pemanasan global. (*)

Sebelumnya
Selanjutnya