Rabu, 19 Juni 2019

Mahasiswa UNM Ciptakan Aplikasi Khusus Bagi Penyandang Tunarungu

Mahasiswa UNM di SLB Negeri 2 Makassar
KNEWS, MAKASSAR - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan suatu program yang dibuat oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidkan Tinggi Indonesia (Kemristekdikti).

Hal ini ditujukan untuk menfasilitasi potensi yang dimiliki Mahasiswa di Indonesia untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang dimilikinya untuk masyarakat luas.

Salah satu TIM PKM Universitas Negeri Makassar berhasil membuat suatu aplikasi untuk penyandang tunarungu.

Menurut keterangan yang berhasil diperoleh, aplikasi ini mempunyai Fitur Kamus Bahasa Isyarat yang cukup lengkap seperti Amarican Sign Language, British Sing Language, Indonesian Sing Language SIBI, dan Indonesian Sign Language BISINDO, jadi penyandang tunarungu dapat belajar semua jenis Bahasa isyarat.

Mudarris, selaku pelaksana program berharap aplikasi yang dibuatnya dapat bermanfaat bagi masyarakat terkhusus untuk penyandang tunarungu dan berharap aplikasi ini dapat dikenal luas bagi masyarakat Indonesia.

"Semoga apa yang kami buat dapat bermanfaat sebanyak mungkin bagi saudara-saudara kita yang kurang beruntung," Ucapnya, Rabu (19/6).

Dan aplikasi ini juga menyediakan beberapa kosakata sehari-hari. Aplikasi ini bisa dijalankan melalui platform android sehingga memudahkan untuk belajar dimanapun.

PKM ini dibimbing langsung oleh Hasrul Bakri, S.Pd., MT dalam menjalankan programnya yang beranggotakan 5 orang, yaitu Mudarris, Yunita Hapsari, Humairah, Fadillah Nur Afifah dan Nurhikmah ini mendapatkan respon yang baik dari guru Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Makassar dan Komunitas GERKATIN Sulawesi Selatan. (*)

Sebelumnya
Selanjutnya