Kamis, 18 Juli 2019

LP2M UNM Kerjasama dengan Pemda Gowa Laksanakan Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran


Foto bersama setelah pelatihan

KNEWS, MAKASSAR
- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan Kordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa melaksanakan pelatihan pengembangan model-model pembelajaran bagi kelompok guru sekolah dasar.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari yakni 16 hingga 17 Juli 2019. Hari pertama difokuskan pada pemberian materi jenis-jenis model pembelajaran, dan hari kedua peserta diharapkan dapat mempraktekkan model-model tersebut secara langsung dalam proses pembelajaran.

Ardi, S.Pd, M.Pd. selaku Pengawas SD Kabupaten Gowa menegaskan bahwa pelatihan ini tentunya sangat bermanfaat bagi guru-guru

"Ketika guru hanya mengetahui 1 atau 2 model pembelajaran saja, tentunya akan membuat suasana belajar menjadi monoton. Maka dari itu perlu variasi model pembelajaran untuk membuat suasana kelas semakin hidup. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif pada pencapaian hasil belajar siswa nantinya," Ucapnya, Rabu (17/07).

Program ini merupakan salah satu Program Kemitraan Masyarakat yang didanai oleh Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Ketua pelaksana dari program ini ialah Hasmawati, S.Pd., M.Hum., Ph.D. yang juga merupakan salah satu dosen Fakultas Bahasa dan Sastra UNM

Menurutnya, tujuan dilaksanakannya program ini untuk meningkatkan profesionalitas guru sekolah dasar dalam aspek pengembangan model-model pembelajaran.

“Guru yang profesional adalah guru yang mempunyai segudang ide terkait metode ataupun model pembelajaran yang dapat diterapkan kepada siswa," Jelas Hasmawati, S.Pd., M.Hum., Ph.D. selaku ketua pelaksana dan narasumber dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 50 guru sekolah dasar yang merupakan perwakilan setiap sekolah dasar di Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. (*)

Sebelumnya
Selanjutnya