Kamis, 25 Juli 2019

Prodi Ilmu Pemerintahan Universutas Muhammadiyah Makassar Share Learning Internasionalisasi Program Studi di UGM, UNPAD, UMM, dan UMY


Makassar, KNEWS. Program Studi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar belajar tata kelola internasionalisasi program studi di empat kampus ternama di Indonesia. Diantaranya UGM, UNPAD, UMM, dan UMY. Kegiatan tersebut mengikutsertakan sebanyak 11 dosen pendamping, 2 staf dan 53 mahasiswa sekaligus sebagai peserta benchmarking 2019.

Pelaksanaan kegiatan share learning dimulai tanggal 13-15 Juli 2019. Tujuan dari kunjungan  adalah untuk share mengenai program internasionalisasi prodi, tata kelola kelas internasional dan sosialisasi studi lanjut ke jenjang pascasarjana.

“kami telah memiliki kelas internasional Ilmu Pemerintahan, olehnya itu kami melakukan benchmarking ke beberapa kampus yang sudah terlebih dahulu membina program internasionalisasi prodi dan kelas internasional. Dengan harapan bahwa kami mampu menjadikan mahasiswa kelas internasional Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar siap menghadapi tuntutan global ke depannya” tutur Dr. Nuryanti Mustari M.Si selaku Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar.

Kunjungan ini disambut hangat kampus tujuan. IP UMM misalnya, dari penuturan kaprodinya (Mas Kamil) sapaan akrabnya, sangat senang berbagi pengetahuan apatahlagi sesama saudara persyarikatan (13/7). Begitupun dengan Sekprodi Kelas Internasional IP UMY (Dr. Phil. Ridho Al Hamdi MA),  dalam penuturannya ingin semua universitas yang bernaung di bawah payung  organisasi Muhammadiyah untuk saling membantu demi kemajuan bersama (15/7/19).

Demikian juga di UGM dan UNPAD. Di UGM Kunjungan ini diterima langsung oleh Prof. Wahyudi Kumorotomo selaku Kaprodi S3 dan Dr. Ambar Widyaningrum Kaprodi S2  Administrasi Publik. Sedangkan di UNPAD, kunjungan ini disambut oleh beberapa dosen senior dan dosen muda. Prof Utang selaku ketua departemen Ilmu Pemerintahan sekaligus ketua Asosiasi Prodi IP se-Indonesia.

selain share tata kelola prodi juga share learning tentang sejarah lahirnya disiplin ilmu pemerintahan serta tantangan dan peluang masa depan para alumni pemerintahan di Indonesia.

Sebagai prodi yang telah meraih akreditasi A sejak tahun 2017 sekaligus Prodi IP Pertama yang terakreditasi A di wilayah Indonesia Timur. Maka, IP Unismuh senantiasa dituntut untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas tidak sekedar kuantitas. Salah satunya yang mulai dilakukan adalah internasionalisasi program kerja prodi dan pembukaan kelas internasional sejak tahun 2018.

(Ardiansyah Mappigau)

Sebelumnya
Selanjutnya