Sabtu, 05 Oktober 2019

Tim Pengabdi UNM Beri Layanan Psikososial kepada Warga Daeraah Rawan Bencana



GOWA, KNEWS.CO.ID - Tim pengabdi Universitas Negeri Makassar melakukan  layanan psikososial kepada warga yang berada di daerah rawan bencana alam. 

Tim yang diketuai Dr. Purwaka Hadi, M. Pd. ini digelar pada bulan Juni hingga Agustus 2019 di SD Inpres Mangasa Kabupaten Gowa.

Menurut Purwaka Hadi, Tujuan pengabdian ini untuk memberikan edukasi kepada anak untuk memahami kondisi pasca bencana.

"Tujuannya untuk memahami kondisi pasca bencana sehingga menghindari kondisi traumatik dan pengetahuan untuk menerima keadaaan lingkungan pasca bencana," ujarnya. 

Pada kegiatan tersebut, anak-anak diberikan permainan yang memberikan dapat menambah empati anak dan menambah kerjasama anak. misalnya Sungai kehidupan, hulahoop, bola berantaai dan lain-lain. 

Pentingnya pemberian dukungan psikososial ini bertujuan untuk memperbaiki motivasi belajar anak, mengurangi traumatik dan mengembalikan keaktifan anak untuk beraktifitas," paparnya.

Setelah pemberian materi dan play therapy terlihat anak mulai ceria, aktif dan emmiliki motivasi belajar lagi. Tidak lagi terpuruk, galau, cemas berlebih dan mengalami trauma pasca bencana terjadi.


Sebelumnya
Selanjutnya