Senin, 10 Agustus 2020

Belajar Tanpa Tatap Muka, MA Muhammadiyah Songing Lakukan Daring


SINJAI, Knews.co.id - Belajar daring di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Songing yang dilakukan secara serentak dari kelas X hingga XII, Senin(10/08/2020)

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara tenaga pendidik dan peserta didik tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Tenaga pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. 

Wakamad Kurikulum MA Muhammadiyah Songing Takbir, S. Pd. I Akibat pandemi Covid-19, Ma Muhammadiyah Songing melakukan pembelajaran daring (dalam jaringan) di rumah. Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).,” jelasnya.

Lanjut Takbir , "daring dilakukan untuk mencegah terjadinya pandemi Covid-19, termasuk upaya physical discanting dan juga dilakukan sebagai pengecekkan kegiatan belajar di rumah dengan pendampingan orangtua," tutupnya. 

Dari daring tersebut, diketahui para peserta didik tetap di rumah mengerjakan tugas atau beraktivitas lainnya. Hasil daring dikirim dengan menyertakan bukti foto tugas yang selesai dikerjakan

Lebih lanjut, tenaga pendidik dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online), pemberian tugas mata pelajaran melalui WhatsApp Group (WAG) kelas. Mulai dari kegiatan pembiasaan mengenakan baju sekolah,shalat dhuha, membaca teks materi, buku, hingga praktik belajar di lingkungan sekitar rumah. 

( Sulfikar )

Sebelumnya
Selanjutnya