Minggu, 30 Agustus 2020

Prodi PTIK UNM Melaksanakan Pembekalan Praktek Industri


MAKASSAR, KNEWS - Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer dl Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan pembekalan praktek industri yang diutamakan untuk angkatan 2018, kegiatan pembekalan praktek industri dengan tema “Menyongsong Revolusi Industri 4.0 dengan Budaya Kerja Bermutu” dilaksanakan secara virtual melalui via zoom, Sabtu (28/08/20).

Praktek Industri atau Praktek Kerja Industri adalah kegiatan Pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) baik tingkat siswa maupun mahasiswa.

Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa atau mahasiswa yang bertujuan untuk magang di suatu tempat kerja, baik di Dunia Usaha maupun Industri setidaknya harus memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya.

Sebelum pelaksanaan praktek industri tersebut, para siswa ataupun mahasiswa akan mendapatkan pembekalan dari pihak lembaga pendidikan baik Sekolah maupun Perguruan Tinggi tentang ilmu-ilmu dasar yang harus diterapkan dalam dunia usaha atau industri.

Dalam kegiatan tersebut pembekalan praktek industri ini dibawakan oleh Muhammad Arfandy selaku Backend Software Engineer Tokopedia, Nur Layla Sari HS selaku Pejabat Pelaksana K3L PT. PLN (Persero) ULP Barru, dan Shabrina Syntha Dewi selaku Dosen PTIK di Fakultas Teknik UNM. 

Berdasarkan tema pembekalan, pemateri membagikan seputar tentang kehidupan di dunia kerja dan industri dan bagaimana kita harus mengasah kemampuan atau skill yang dimiliki. Selain itu pemateri juga memberikan saran terkait tentang pemilihan tempat pelaksanaan praktek industri yang sekiranya bisa membuat kita terlibat langsung ke proyek perusahaan atau industri agar bisa memahami bagaimana belajar bekerja dalam tim.

Kesempatan yang sama, pemateri juga membagikan kepada mahasiswa PTIK yang mengikuti pembekalan praktek industri tentang bagaimana bekerja dalam perusahaan industri dan bagaimana tetap bisa survive dalam pekerjaan dan tidak lupa memberikan semangat kepada mahasiswa PTIK-UNM yang telah melakukan persiapan pelaksanaan praktek industri agar tetap semangat belajar dan tidak mengeluh terhadap proses yang dijalani nantinya.

Rahmawati, salah satu mahasiswa PTIK-UNM yang mengikuti pembekalan praktek industri mengatakan bahwa mengikuti pembekalan seperti ini banyak yang dipersiapkan serta jangan menunggu waktu terlalu lama.

“Yang saya rasakan setelah mengikuti pembekalan PI walaupun virtual bahwa banyak yang harus dipersiapkan dan jangan menunggu waktu lalu baru kita mau memulai," ucap Rahmawati.

Lanjutnya, dia mengatakan bahwasanya ini adalah bekal besar nantinya dalam dunia kerja.

"Memulai dari sekarang dan tetap belajar. Jangan mudah menyerah, kuasai skill yang bisa membuat kita bisa survive dan tetap bertahan dalam dunia kerja nantinya," tutupnya.

(Ril/Accul)

Sebelumnya
Selanjutnya