Selasa, 11 Agustus 2020

Tanpa Kejelasan, Pemindahan TPA ke Pattallassang Kembali Mencuat

Ket : TPA Antang

MAKASSAR, KNEWS – Mangkrak selama 9 tahun lamanya, wacana pemindahan tempat pembuangan akhir (TPA) ke Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa kembali mencuat.

Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan kondisi TPA Tamangapa saat ini sudah tidak memungkinkan untuk menampung sampah dari masyarakat Kota Makassar atau overload.
Sehingga memang sudah saatnya lokasi TPA tersebut direlokasi.
Terlebih lagi, kondisinya yang sangat dekat dengan permukiman warga sangat menganggu kenyamanan.

“Memang Kota Makassar yang masuk kategori kota metropolitan seyogyanya sampah konvensionalnya itu harusnya sudah tidak ada lagi. Apalagi di tengah pemukiman. Olehnya, melalui Kementerian PUPR Bidang Cipta Karya itu kita akan meminta dukungan tentang pembuangan tempat sampah baru,” Ujar Rudy saat ditemui di Balai Kota Makassar, Senin (10/08/20).

Wacana pemindahan TPA ke Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa ini sudah mulai bergulir sejak tahun 2011 saat Syahrul Yasin Limpo masih menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan.

TPA yang diberi nama TPA Mamminasata ini rencananya akan dijadikan pusat pengolahan sampah untuk empat kabupaten kota di Sulsel, yakni, Makassar, Gowa, Maros dan Takalar.

TPA Mamminasata ini akan dibuat lebih modern dengan dilengkapi fasilitas daur ulang sampah organik dan non organik.
Rudy menambahkan, lahan di Kecamatan Pattallassang yang akan digunakan sebagai TPA Mamminasata telah siap pakai seiring adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gowa.

“Pemkab Gowa mendukung, Bupati Gowa sangat visioner orangnya. Selalu ingin adanya perubahan dan perbaikan,” Tutupnya. 

(Ril/Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya