Minggu, 16 Agustus 2020

Tomy Satria, Jiwa Muda Sang Pengabdi Butta Panrita Lopi

 

Akbar Poteng


Oleh : Akbar Poteng
BULUKUMBA - OPINI - Figur muda itu bernama Tomy Satria Yulianto. Benar, beliau adalah Wakil Bupati Bulukumba saat ini, juga sebagai Calon Bupati Bulukumba periode 2021 - 2025 yang berpasangan dengan Ir. Andi Makkasau, MM.

Tomy dikenal sebagai mantan aktivis Fisipol Universitas Hasanuddin dan pernah menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Fisip Unhas (1996 – 1997 ), berhasil menyandang gelar Sarjana Ilmu Politik tahun 2000. Tomy pun pernah menjadi Pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPMAH) Bulukumba (1998 – 1999).

Pengalaman tersebut membuat Tomy memiliki kedekatan emosional dengan teman - teman seangkatanya dari Butta panrita lopi, juga para adik - adik juniornya yaitu para Mahasiswa dan Pelajar Bulukumba. Tomy selalu di undang untuk berdiskusi dan sharing, bagaimana memanfaatkan potensi - potensi anak muda Bulukumba yang semakin hari secara kuatitas dan kualitas semakin memperlihatkan peningkatan yang cukup baik. Karena masa remaja Tomy memang aktif di berbagai organisasi, kegiatan semacam ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Tomy, berkumpul bersama para anak - anak muda Millenial.

Setelah hijrah dari dunia kampus, Tomy banyak menimbah pengalaman dengan aktif dalam berbagai organisai, salah satunya The Nature Conservancy – TNC Arlington, US, 2014, sebagai Penasehat Presiden ( CEO ).

Di tahun 2014 pula, Tomy kembali fokus ke kampung halamannya, Bulukumba. Di tahun ini pulahlah, Tomy menahkodai NasDem, menjadi ketua NasDem Bulukumba. Tomy terpilih dan membawa partai NasDem menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPR Bulukumba. Tomy lah yang pada waktu itu menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD.

Tak butuh waktu lama, 2015 Tomy kembali bertarung menjadi Wakil Bupati mendampingi A. M Sukri A. Sappewali dan lagi - lagi, Tomy menunjukan kemampuannya. Bersama A. M Sukri. A. Sappewali, Tomy berhasil terpilih sebagai Wakil Bupati Bulukumba periode 2016 - 2021.

2020 tahun ini, Tomy secara resmi kembali mendeklarasikan dirinya maju sebagai Calon Bupati bersama wakilnya Ir. Andi Makkasau, MM. Diantara beberapa bakal kandidat yang akan berkompetisi pada Pilkada Bulukumba, Tomy tercatat sebagai Calon Bupati termuda. Dengan kata lain, representasi anak muda Bulukumba ada pada figur Tomy Satria Yulianto.

***
Tomy masih muda, kaya pengalaman organisasi, paham kondisi DPRD, karena pernah berada di sana sebagai Wakil Ketua, mengerti Birokrasi, karena beliau adalah wakil Bupati Bulukumba sampai hari ini. Dengan kata lain, Tomy sangat paham karakter dan keinginan masyarakat Bulukumba. Paham permasalahan yang terjadi dan mengerti tawaran solusi apa yang bisa di berikan ketika kelak beliau di takdirkan terpilih menjadi Bupati Bulukumba.

Ini adalah kesempatan emas untuk meregenarasi kepemimpinan yang ada di Bulukumba. Dengan harapan, Tomy lah yang menjadi pembuka pintu pertama untuk anak - anak muda Bulukumba kelak di masa yang akan datang. Jika Tomy bisa, tentu anak - anak muda yang lain juga bisa. Sebuah spirit yang harus di dukung, diperjuangkan dan dikawal dengan baik, agar Tomy bisa TERUS MENGABDI.

(Red)

Sebelumnya
Selanjutnya