Rabu, 23 Desember 2020

Kunjungan Silaturahmi Pengurus Pusat FTBM ke TBM Pustaka Setapak


SINJAI, KNEWS - Pengurus Pusat (PP) Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Willy Ariwiguna berkunjung ke Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pustaka Setapak di Desa Saohiring, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Rabu (23/12/20).

Dimana dalam kunjungan tersebut merupakan silaturahmi antara Pengurus Pusat FTMB dengan TBM Pustaka Setapak.

Dalam kunjungannya, Willy Ariwiguna mengatakan bahwa ada beberapa sumber pendanaan dan bantuan buku yang bisa teman-teman manfaatkan untuk pengembangan taman baca.

"Diantaranya melalui google form profit atau melalui star up seperti google Indonesia, atau dari sumber sumbangan buku dari Internasional ada banyak link yang bisa teman-teman akses," ucapnya.

Lebih lanjut, Dirinya menambahkan bahwa ada beberapa kunci dalam pengelolaan taman baca, yaitu program yang berkualitas, penyesuaian kondisi masyarakat, kerelawanan yang profesional serta dukungan pemerintah maupun lembaga-lembaga terkait.

"Beberapa kiat-kiat yang bisa dilakukan teman-teman dalam pengelolaan taman baca, yaitu mengadakan program-program yang berkualitas seperti pemberdayaan masyarakat dan menyuarakan kesetaraan gender. Selain itu teman-teman juga harus memperhatikan kesesuaian antara program teman-teman dengan latar belakang yang akan dilibatkan. Pengelolaan dilandasi jiwa kerelawanan yang profesional serta dukungan publik juga dibutuhkan untuk kelansungan lembaga, teman-teman juga perlu membangun relasi yang baik dengan pemerintah setempat, perusahaan dan juga dukungan masyarakat," tutur Willy.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Desa Saohiring (FDS), Sofyan mengucapkan terimaksih sebesar-besarnya kepada Pengurus Pusat FTBM.

"Kami ucapakan terima kasih kepada Pengurus Pusat FTBM, serta teman-teman dari Pengurus FTBM Kabupaten Sinjai atas kunjungan silaturahmi dan percikan ilmu yang sempat dibagikan kepada teman-teman Pengurus TBM Pustaka Setapak," tutupnya.

Diketahui bahwa setelah mengunjungi  TBM Pustaka Setapak Willy Ariwiguna dijadwalkan akan menghadiri kegiatan Ngobrol Santai yang diadakan oleh FTBM Sinjai.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya