Sabtu, 26 Desember 2020

Motivasi Mahasiswa Mencari Ide Penelitian, Laboratorium Ergonomi FTI UMI Gelar Webinar


MAKASSAR, KNEWS - Laboratorium Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi Fakultas Teknik Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UMI melaksanakan webinar melalui via daring, Sabtu (26/12/20).

Dengan mengusung tema "2020 Kaleidoscope: Covid-19 Pandemic and the Impact on Ergonomics’ Researches for University Students", Webinar diakhir tahun ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru terkait penelitian-penelitian Ergonomi dan Teknik Industri bagi mahasiswa. 

Kepala Laboratorium APK dan Ergonomi FTI UMI, Dr Eng Ir Irma Nur Afiah menjelaskan bahwa dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, semua masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. 

"Tentu hal ini berdampak pada penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa. Banyak topik-topik penelitian baru yang perlu diketahui oleh Mahasiswa,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dirinya menambahkan bahwa UII dan UMI merupakan sister University dimana diharapkan kelak ada penelitian-penelitian kolaborasi antara Lab Ergonomi UII dan UMI. 

“Alhamdulillah peserta webinar sebanyak 136 orang diharapkan seluruh peserta mendapatkan ilmu baru dan termotivasi untuk melaksanakan penelitian dikalangan mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Teknik Industri UII Yogyakarta, Ir. Muhammad Ragil Suryoputro mengemukakan bahwa pada kondisi pandemi penelitian Ergonomi bisa dibawa kearah Laboratory.

"Dikondisi pandemi, penelitian Ergonomi bisa dibawa kearah Simulation atau Laboratory Studies. Jadi bisa lebih mengeksplorasi ide-ide tanpa terkendala lokasi," tuturnya.

Teknik Industri UMI, Ir Ahmad Padhil menjelaskan bahwa penelitian Ergonomi sebenarnya memiliki ruang yang sangat luas untuk dikaji.

"Kelelahan melaksanakan kuliah daring atau work from home bisa menjadi bahan penelitian tentu kreatifitas harus lebih digali," tutupnya.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya