Senin, 11 Januari 2021

Peduli Lingkungan, Sejumlah Komunitas Akan Gelar Penanaman Mangrove di Lantebung


MAKASSAR, KNEWS -Pada hakikatnya hutan mangrove berfungsi untuk melindungi daratan dari gelombang laut, selain itu tananam ini juga berperan dalam mengurangi abrasi akibat gelombang air laut. 

Beberapa komunitas di Kota Makassar bekerjasama dalam kegiatan kolaborasi penanaman mangrove dengan tema "Merawat Magrove untuk Pesisir Hijau",  akan menanam sebanyak 2021 bibit pohon mangrove pada Sabtu-Minggu, 30-31 Januari 2021 di pesisir Lantebung.

Ketua Pelaksana kegiatan, Nawiradi berharap dapat memotivasi masyarakat dan menciptakan generasi dalam penyelamatan hutan mangrove.

"Dengan harapan dapat memotivasi masyarakat umum, khususnya menciptakan generasi untuk selalu semangat dalam menyelamatkan hutan magrove," ucapnya, Senin (11/01/21).

Lebih lanjut, Dirinya mengungkapkan "Data dari Kementerian Lingkungan Hidup 50% Ekosistem Magrove sudah mengalami kerusakan dan 50% lainnya kurang maksimal dalam pengelolaannya," ujar Nawir.

Dalam upaya kegiatan ini terdapat 3 landasan utama: 
1. Menjaga dan merehabilitasi ekosistem Pesisir Lantebung. 
2. Membantu produktivitas perekonomian nelayan lepas. 
3. Mendemonstrasikan atau mengkampanyekan lingkungan pesisir sebagai upaya menjaga keberlangsungan ekosistem. 

Adapun kolaborasi komunitas dalam kegiatan ini yakni Aktivitas Sosial Indonesia (AKSI), Komunitas Peduli Sesama (KPS), Pray For Sulawesi Selatan (Pray For), Jejak Tau Kamase (Jetaka), Komunitas Siri' Napacce (Konsina), Nafas Langit, Ikatan Keluarga Lantebung (Ikal), Remaja Peduli Kampung. 

Diketahui, sebagai upaya untuk menyukseskan kegiatan tersebut membutuhkan Bantuan Donasi dalam pembelian bibit mangrove, untuk pengiriman bisa cek No. Rek dan narahubung dibawah: 
Bank BRI : 4987-01-017522-53-8 (Mariani), 
Narahubung: WA: 081930237021 (Nawir) 
WA: 089525782089 (Mariani).

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya