Sabtu, 27 Februari 2021

HJS ke-457, Komunitas Perupa Topekkong Mengeja Seni Bersama FDS


SINJAI, KNEWS - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Sinjai (HJS) ke 457 Tahun, Forum Desa Saohiring (FDS) bersama Karang Taruna (KT) Makkawarue Desa Saohiring menggelar Kegiatan Mengeja Seni di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pustaka Setapak, Desa Saohiring, Sabtu (27/02/21).

Kegiatan ini melibatkan Mahasiswa Kuliah Kerja Karya (KKK) Reguler Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi), Kuliah Kerja Nyata Profesi (KKN-P) Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai dan Komunitas Perupa Topekkong.

Dalam sambutannya Sekertaris Umum FDS, Mirjayandi menjelaskan tujuan dan rangkaian acara dari kegiatan ini.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai rangaka kegiatan HJS ke 457 tahun, kami mengambil tema mengeja seni, dengan dua rangkaian kegiatan yaitu melukis bersama dan live musik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah dan tempat masyarakat maupun pemuda untuk menuangkan bakatnya di bidang seni," jelasnya.

Selain itu, Ketua Karang Taruna Makkawarue, Annisar menuturkan kegiatan ini selain mempererat tali silaturahmi juga sebagai ajang pengembangan bakat seni rupa pemuda Desa Saohiring.

"Saya berharap kegiatan Mengeja seni dalam rangkah memperingati hari jadi Kabupaten Sinjai ke 457 tahun merupakan ajang mempererat tali silaturahmi dari berbagai elemen masyarakat Desa Saohiring serta dari teman-teman K3R UMSi, KKN-P IAIM dan Perupa Topekkong. Selain mempererat tali silaturahmi juga kegiatan ini merupakan ajang pengembangan bakat seni rupa bagi pemuda di Desa Saohiring," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Saohiring, Andi Darmawansata sangat mengapresiasi kegiatan ini.

"Saya selaku pemerintah desa sangat mengapresiasi adanya program dari generasi kita yang berinisiatif mengisi HJS dengan program-program produktif," katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Badan Permusyawaratan (BPD) Desa Saohiring, Herman mengatakan kegiatan trobosan baru dari anak muda ini perlu dikembangkan.

"Ini merupakan trobosan baru dari anak muda kita telah membuat kegiatan untuk memperingati Hari Jadi Sinjai. Ini merupakan sebuah kegiatan yang perlu dikembangkan kedepannya," tuturnya.

Saat diwawancarai oleh Knews Indonesia, Kordes KKN-P IAIM Sinjai, Nurfadillah Amaliah berharap semoga masyarakat lebih peka betapa pentingnya literasi.

"Ini pertama kalinya saya mengikuti kegiatan seperti ini, semoga dengan adanya kegiatan ini mampu menyadarkan masyarakat betapa pentingnya literasi, bahwa literasi bukan hanya yang selama ini dipahami masyarakat sekedar membaca dan menulis, akan tetapi banyak bentuk literasi lainnya yang akan dituangkan dalam kegiatan melukis bersama," ucapnya.

Hal yang sama disampaikan oleh Kordes K3R UMSi Desa Saohiring, Syahrul Hidayat juga menuturkan bahwasanya kegiatan ini patut untuk dipertahankan dan dikembangkan.

"Selaku pelaksana kegiatan kali ini, dalam rangka memperingati HJS, saya sangat bersyukur melihat betapa antusiasnya masyarakat terutama pemuda Desa Saohiring dalam hal ini tergabung di Forum Desa Saohiring dan KT Makkawarue, dirangkaikannya dengan kegiatan Melukis dan Live Accoustic yang bertujuan untuk mengasah bakat dan minat masyarakat Desa Saohiring di bidang Seni serta merupakan kegiatan perdana yang patut untuk di pertahankan dan dikembangkan kedepannya," tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Babinsa Desa Saohiring, Bhabinkantibmas Desa Saohiring serta unsur masyarakat Desa Saohiring.

Penulis: Wiwi
Editor   : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya