Minggu, 28 Maret 2021

DPP HMPI Kecam Peledakan Bom Kathedral Makassar


MAKASSAR, KNEWS - DPP HMPI Bidang Keagamaan mengecam keras aksi tindakan kekerasan simbolik. 

Ketua DPP HMPI, Fadhly menjelaskan bahwa peledakan Bom yang terjadi di Kathedral Makassar adalah perilaku kekerasan simbolik yang punya daya rusak terhadap toleransi dan penghargaan atas perbedaan agama. 

"Kekerasan Simbolik terhadap perbedaan keyakinan adalah ajaran sesat. Sejatinya, masing-masing agama memiliki misi perilaku mulia yang menyejukkan dan membawa misi damai. Islam sebagai keyakinan umat beragama dalam berbangsa, hakikinya, berisi nilai yang toleran, moderat, dan berimbang," kata Ketua DPP HMPI yang juga aktif di NU Circle dan GNKRI. 

Fadhly juga mendorong pemerintah Indonesia yang berwenang dalam bidang keagamaan dan hukum untuk segera mengusut tuntas peristiwa ledakan tersebut serta menangkap pelaku kekerasan yang telah mengganggu perdamaian dalam proses berbangsa dan bernegara. 

"Kami mendorong aparat untuk mengusut tuntas perilaku demagog sektarian yang menyalahi hukum ini," tegasnya.

Akhir kata Fadhly mengajak seluruh pemuda ormas dan tokoh-tokoh agama untuk melawan ekstrimisme kekerasan yang menganggu toleransi.

"Untuk seluruh pemuda ormas dan tokoh-tokoh agama untuk aktif dalam melawan ekstrimisme kekerasan yang mengganggu toleransi. Pemuka agama berkontribusi besar dalam mengabarkan kembali pesan-pesan agama yang sejuk dan damai," tutupnya.

(Rill/wiwi)

Sebelumnya
Selanjutnya