Minggu, 07 Maret 2021

GMMP Berharap Pemerintah Libatkan Pemuda Dalam Pembangunan


SINJAI, KNEWS - Garuda Muda Merah Putih (GMMP) Cabang Sinjai meminta agar pemuda berperan dalam pembangunan daerah di Kabupaten Sinjai melihat sekarang situasi pandemi Covid-19, dimana kreatifitas pemuda sangat dibutuhkan.

Peranan pemuda harus dilibatkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 Tingkat Kecamatan dan Kabupaten Sinjai.

Hal itu disampaikan oleh Salah satu Pengurus GMMP, Ahmad Abian Paqih mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mewadahi para pemuda dalam berkontribusi membangun daerah. Sehingga, atas sumbangsih para pemuda mampu dintegrasikan dengan program-program Pemerintah Daerah (Pemda) untuk kemajuan daerah.

"Kami harapkan pemuda dapat memberikan sumbangsih pikiran dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah. Sehingga ide-ide besar itu mampu mewujudkan pembangunan daerah yang berkualitas," ujar Ahmad, Minggu (07/03/21).

Pemuda berperan penting dalam pemulihan sosial ekonomi Kabupaten Sinjai terutama di masa pandemi Covid-19. Salah satunya dengan memaksimalkan sektor industri ekonomi kreatif.

Lebih lanjut, Ahmad Abian Paqih mengatakan pemuda hari ini memiliki potensi hebat dengan segudang kreatifitasnya.

"Peran pemuda berkaitan dengan industri kreatif, itu sebuah penciptaan kreatifitas, ide, gagasan, yang mampu menghasilkan dan optimal dan sama sekali tidak merusak alam lingkungan," tambahnya. 

Sehingga, pemuda harus mampu memperkuat jati diri sebagai pelopor UMKM dan kewirausahaan 5.0 untuk menciptakan lapangan kerja dan pembangkitan ekonomi.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai memperkuat dalam fasilitasi pengembangan kapasitas SDM dalam bentuk event pemasaran dan pendampingan bisnis, akses permodalan hingga infrastruktur penunjang ekonomi kreatif.

Lebih jauh, potensi-potensi yang dimiliki para pemuda inilah yang sejatinya harus dimaksimalkan. Terutama dalam penyediaan SDM, agar terus menghasilkan karya-karya kreatif yang dikenal di kancah global apalagi banyak organisasi-organisasi kepemudaan yang bisa diajak bekerjasama.

"Jangan salah menentukan potensi, yang sekarang itu SDM-nya yang harus diberikan kesempatan, ruang dan panggung untuk menampilkan inovasi dan kreatifitas sehingga mampu meningkatkan perekonomian meskipun ditengah pandemi Covid-19," tutupnya.

Penulis: Sabriani
Editor   : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya