Selasa, 30 Maret 2021

HMJ Sosiologi Agama UIN Alauddin Makassar Gelar Sekolah Penelitian Dasar


GOWA, KNEWS - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi Agama  Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Sekolah Penelitian Dasar (SPD) di SMA Muhammadiyah Sungguminasa.

Dengan mengangkat tema “Implementasi Model Pembelajaran Penulisan Pemeliharaan dalam Interaksi Edukatif Mahasiswa di Bidang Studi Sosiologi Agama” kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari.

Sekretaris Jurusan Sosiologi Agama, Asrul Muslim resmi membuka kegiatan sekolah penelitian dasar pada Jumat (19/03) dengan harapan agar mahasiswa dapat berinteraksi dengan masyarakat untuk observasi dilapangan.

“Harapan saya digelarnya kegiatan ini semoga mahasiswa dapat terjun langsung ke masyarakat untuk meneliti atau mengobservasi perkara perkara yang ada,” tuturnya. 

Steering Comite, Masvira Jamal juga berharap agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu dari SPD dalam melihat situasi masyarakat.

“Semoga di kegiatan SPD ini bisa mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di forum intelektual ini dalam melihat suatu keadaan di masyarakat bukan hanya dilihat dari satu sudut pandang saja, dan menjadi seorang peneliti yang baik terutama di bidang studi sosiologi agama,” ujarnya.

Selain itu, Ketua HMJ Sosiologi Agama, Aditya Makkuaseng mengatakan bahwa SPD tersebut berlanjut dari kepengurusan dengan berdasarkan alasan. 

"Alasan  sekolah penelitian dasar ini sangat penting untuk kita sebagai mahasiswa sosiologi, seiringan dengan bagaimana visi dan misi prodi itu sendiri, yakni penelitian dan pengabdian di masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Baharuddin sebagai kepala suku didalam forum SPD mengucapkan bentuk terima kasihnya terhadap lembaga. 

“Semoga kedepannya semakin sukses dan saya pribadi berterima kasih banyak kepada HIMASOA yang telah mengadakan SPD ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Baharuddin mengatakan kegiatan SPD dilaksanakan selama satu Minggu dan akan berlanjut pada Jumat-Minggu, 26-29 Maret 2021. 

"Jadi, kegiatan ini sebenarnya berlangsung selama 1 Minggu tetapi diberi jeda selama 4 hari untuk melanjutkan proses oudoor," tutupnya.

Sekolah penelitian dasar diikuti oleh 15 orang sebagai peserta dan juga menyajikan 15 materi yang akan turun serta masing-masing dari materi tersebut dibawakan oleh dosen di ruang lingkup UIN Alauddin Makassar.

Penulis: Ayu
Editor  : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya