Selasa, 30 Maret 2021

Karimah Sukses, Peserta Muslimah Unhas Siap Jadi Generasi Hijrah Indonesia


MAKASSAR, KNEWS -  Hadir dengan spirit hijrah, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Mahasiswa Pencinta Mushalla (MPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) sukses menggelar kajian ramadhan bertajuk "Karimah Online 2021" melalui via Zoom, Minggu (28/03/21).

Ditandai dengan peluncuran Generasi Hijrah Indonesia, kegiatan ini menekankan bagaimana kesuksesan Ramadhan juga terlihat pada keistiqomahan dalam kualitas amal ibadah selepas Ramadhan. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30 Wita ini, dihadiri oleh 511 peserta yang terlihat begitu antusias menyimak materi 

Dalam penyampaiannya, Hermita Arief menyampaikan bahwa ramadhan merupakan momentum terbaik untuk memulai perbaikan diri yang dimana hal ini diharapkan juga memberikan dampak positif bagi Indonesia. 

“Ramadhan tidak pas jika hanya dilalui dengan ibadah khas nya, namun bulan suci ini perlu menjadi langkah awal kita untuk berkontribusi lebih banyak terhadap Indonesia dengan kebaikan-kebaikan kita," ungkap Hermita selaku Keynote Speaker.

Didukung oleh banyak sponsor seperti Syahidah Store, Dapur Mabrukah dan Apotek Wahdah, Karimah online ini sukses membakar semangat hijrah para muslimah Unhas dengan 2 materi yang disuguhkan. 

Materi pertama yang dibawakan oleh salah seorang Da’iyah sekaligus Pegiat Dakwah, Lutfah Djabrud berjudul “Sambut Ramadhan, Raih Kemuliaan”.

"Menitik beratkan pentingnya bekal ilmu untuk menjalani hari hari penuh ibadah nantinya. Belasan dalil dan keutamaan Ramadhan disampaikan secara epik, sehingga mampu menguatkan semangat peserta dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah Ramadhan," ungkapnya.

Sementara itu, “Amalan di Jalan Hijrah, menuju Ramadhan Kaffah" menjadi materi kedua pada kajian ini yang dibawakan Risna Rina menyampaikan bahwa setiap agenda ibadah yang beliau sampaikan perlu di aktualisasikan.

"Ilmunya telah kita dapatkan saat ini, apa apa saja ibadah yang kemudian bisa dimaksimalkan dalam Ramadhan, Namun kuncinya adalah action dan istiqomah, bahkan selepas Ramadhan,” tutur Ustadzah yang juga merupakan pengajar di Ma’had Tadribuddaiyah Muslimah. 

Uniknya, dipenghujung acara setiap peserta menuliskan harapan mereka pada Ramadhan yang akan datang. “Istiqomah” merupakan jawaban yang paling mendominasi pada ungkapan-ungkapan mereka. 

Menyikapi semangat tersebut, bersama Forum Muslimah Dakwah Kampus Indonesian (FMDKI) Daerah Makassar, Ketua Panitia UKM LDK MPM Unhas, Azizah juga meluncurkan “Generasi Hijrah Indonesia” pada kegiatan Karimah ini.

“Gen Hijrah ini diharapkan mampu menjadi motor penggerak dalam perbaikan diri peserta yang juga berperan sebagai menjadi gatekeeper muslimah agar bisa istiqomah beribadah,” jelasnya.
 
Deklarasi generasi hijrah Indonesia ini diikuti oleh seluruh peserta di room zoom dengan semangat Ramadhan Kaffah. Dimana
akhir kegiatan ditutup dengan donasi online untuk khidmat ummat dibulan Ramadhan dan pembagian doorprize sebagai bentuk apresiasi kepada peserta terbaik. 

Perwakilan FMDKI Makassar yang hadir pada room zoom mengungkapkan bahwa tidak hanya di Unhas generasi hijrah ini terbentuk, namun juga tersebar di seluruh Indonesia pada pelakasanaan karimah hari ini. 

“Karimah Online ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan untuk membekali muslimah dalam menyambut Ramadhan, dan tahun ini kita  berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada peserta se Indonesia dengan peluncuran generasi hijrah Indonesia, tidak hanya di Unhas namun juga dipuluhan titik karimah lainnya se Indonesia,” ungkapnya. 

"Semoga dengan terlaksananya karimah ini, juga dengan diluncurkannya Generasi Hijrah Indonesia, muslimah dapat lebih bersiap untuk melaksanakan ibadah di Bulan Ramadhan, juga Istiqomah setelahnya," tutupnya.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya