Kamis, 04 Maret 2021

Koramil 1801-06/Masni Gelar Panen Perdana Tanaman Hidroponik


PAPUA BARAT, KNEWS - Koramil 1801-06/Masni melaksanakan panen perdana bersama masyarakat di lahan hidroponik Koramil 1801-06/Masni, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (04/03/21)


Dari informasi yang diterima acara panen perdana tersebut dipimpin langsung oleh Danramil 1801-06/Masni Kapten Inf Prapto Widodo yang didampingi Kepala Seksi Sosial Distrik Masni Amos Wambyou dan Ketua PKK Kepala Kampung Yustus Isba. Kegiatan tersebut juga dihadiri Babinsa Koramil 1801-06/Masni dan masyarakat Masni.

Panen Tanaman Hidroponik ini merupakan yang perdana setelah satu bulan lalu mulai dikembangkan oleh Koramil 1801-06/Masni. Hasil panen tanaman hidroponik tersebut diantaranya Sayur Kangkung 200 pot yang dipanen sebanyak 60 ikat dan Sawi 150 pot yang dipanen sebanyak 50 ikat. Selain itu hasil panen langsung dibagikan ke masyarakat yang hadir dilahan Tanaman Hidroponik Koramil 1801-06/Masni.

Disela-sela kegiatan, Kapten Inf Prapto Widodo menyampaikan bahwa Demplot tanaman hidroponik ini sebagai dasar Babinsa memberikan pendampingan dan arahan kepada para pemuda milenial di wilayah binaannya untuk menciptakan Inovasi baru pada sektor ketahanan pangan keluarga, dengan memanfaatkan lahan yang sempit salah satu contoh di perkarangan Koramil ini.

"Langkah kreatif ini sebagai bahan pendampingan untuk melatih warga binaannya yang lebih cepat di serap adalah secara Aplikatif, sehingga sebagai dasar Koramil membuat contoh agar warga yakin dan percaya bahwa Babinsa di Masni mampu dan menguasai ilmu Hidroponik di lihat dari Demplot yang ada, karena sistem Hidroponik tidak menggunakan obat pestisida,  yang sangat berpengaruh  terhadap kesehatan kita," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PKK Kepala Kampung,
Yustus Isba juga menuturkan Langkah yang diambil oleh Koramil Masni dengan melakukan Demostrasi Plot menggunakan sistem hidroponik sangat bagus.

"Diharapkan dapat memotivasi masyarakat di Masni, selain hasil sayur mayur yang segar dan tanpa obat pestisida, sistem hidroponik juga tidak memerlukan lahan luas dan berpindah-pindah, cukup didepan, samping atau belakang rumah," tutupnya.

(Haeril)

Sebelumnya
Selanjutnya