Selasa, 09 Maret 2021

Mahasiswa K3R UMSi Gelar Sosialisasi Inseminasi Buatan di Saohiring


SINJAI, KNEWS - Mahasiswa Kuliah Kerja Karya Reguler (K3R) Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi) Desa Saohiring berkolaborasi dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Karya Profesi (K3P) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Sinjai Tengah menggelar pelatihan Sosialisasi Inseminasi Buatan dan Asuransi Usaha Ternak Sapi di Aula Kantor Desa Saohiring, Kecamatan Sinjai Tengah, Selasa (09/03/21).

Dimana dalam kegiatan ini dirangkaikan pula dengan Pembuatan Pupuk Organik Kompos dengan menghadirkan Pemateri dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai,  Abdul Hakim dan Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Sinjai, Azmi Mangalisu.

Hal itu disampaikan oleh Kordes K3 Saohiring, Syahrul Hidayat bahwa kegiatan ini hasil kerja sama antara K3R dan K3P di bidang peternakan.

"Kegiatan program ini adalah kerja sama antara k3R dan K3P di bidang Peternakan, sekaligus memberikan Wadah kepada masyarakat tentang pentingnya IB dan AUTS serta cara memanfaatkan limbah menjadi sebuah pupuk organik," ucapnya.

Dalam pemaparannya, Abdul Hakim menjelaskan bahwa program ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan tentang peternakan.

"Program sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan peternak tentang pentingnya insiminasi buatan untuk meningkatkan kualitas ternak kita," ungkap Abdul Hakim.

Selain itu, Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UMSi, Azmi Mangalisu menyampaikan penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan akan memberi dampak negatif.

"Penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan, maka dari itu perlu kita kembali ke produk alami, salah satunya adalah mengolah limbah ternak menjadi pupuk organik," terang Azmi Mangalisu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UMSi, Dr. Abdul Hakim Fattah mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang program inseminasi buatan.

"Dimana tujuan meningkatkan mutu ternak sapi. Selain itu juga bentuk kampanye menggunakan kembali pupuk organik yang untuk menjaga kualiatas tanah," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Saohiring, Darmawansata menyampaikan bahwa ini merupakan program kerja mahasiswa K3R Desa Saohiring.

"Semoga adanya sosialisasi ini dapat memberikan kita pengetahuan tentang inseminasi buatan dan Pupuk kompos agar hasil pertanian dan ternak kita di desa saohiring khususnya dapat menghasilkan hasil yang maksimal," tutup Kades Saohiring.

Diketahui kegiatan ini dihadiri peserta dari perwakilan seluruh Kelompok Tani se-Desa Saohiring, Ketua BPD Desa Saohiring, Kepala Dusun Se-Desa Saohiring, Perwakilan BUM Desa Saohiring, Mahasiwa K3R Desa Saohiring, Mahasiswa K3P Puskeswan Kecamatan Sinjai Tengah dan Mahasiswa KKN-P IAIM Sinjai.

Penulis: Ayu
Editor   : Haeril

Sebelumnya
Selanjutnya