Selasa, 01 Juni 2021

Meningkatkan Semangat Belajar Siswa, IFSA LC UNHAS selenggarakan IFSA Goes to teaching

 


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) International Forestry Students Association Local Committee IFSA LC) Unhas menyelenggarakan kegiatan IFSA Goes to Teaching yang berlangsung di SD Trans Parang Pungallu, Desa Belabori, Kabupaten Gowa, kegiatan ini resmi di buka oleh Dr. Ir. Astuti Arif, S.Hut., MSi., IPU (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan) secara virtual melalui zoom meeting dan live di instagram IFSA LC Unhas, turut pula hadir para perwakilan UKM dan anggota IFSA LC Unhas serta kegiatan ini melibatkan Departemen Kehutanan Fakultas Kehutanan Unhas sebagai pihak yang telah membantu berlangsungnya kegiatan ini.

Distribusi fasilitas pendidikan yang tidak merata merupakan fenomena yang patut mendapat perhatian. Mengingat pendidikan merupakan salah satu isi dari “mencerdaskan kehidupan bangsa” yang diatur dalam Pembukaan UUD 1945, tentunya hal ini perlu ditindaklanjuti. Upaya pendidikan tidak hanya didasarkan pada fasilitas yang mumpuni, tetapi juga menitikberatkan pada model pengajaran yang baik, hal ini berkaitan dengan motivasi belajar. Siswa di daerah terpencil harus didorong untuk melakukan studi akademik dan non-akademik untuk meningkatkan semangat belajar mereka.

Kegiatan inti berlangsung pada Senin, 31 Mei 2021 dan diadakan secara offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sasaran dari IFSA Goes to Teaching secara khusus adalah siswa-siswi SD Trans Parang Pungallu, Desa Belabori, Kabupaten Gowa. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Desa Belabori dan terdapat 17 siswa-siswi yang turut berpartisipasi. Sebelum memulai kegiatan, IFSA LC UNHAS membagikan masker gratis kepada siswa-siswi sebagai bentuk pencegahan dari virus corona. Rangkaian kegiatan yang dilakukan di sana di antaranya memberikan materi lingkungan dalam bentuk video animasi, bermain bersama, belajar berbahasa inggris, dan membuat kerajinan. Kegiatan ini berakhir pada pukul 15.00 Wita dan diakhiri dengan pembagian hadiah kepada siswa-siswi SD Trans Parang Pungallu.


Kegiatan IFSA Goes to Teaching ini merupakan wadah untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak. Setiap perubahan membutuhkan langkah awal. Ketika ingin memajukan pendidikan, hal pertama yang dapat dilakukan adalah menanamkan dalam diri sendiri pentingnya pendidikan kepada setiap anak di tanah air. Sebagai mahasiswa, penting untuk meningkatkan kesadaran pendidikan dan bersama-sama berkontribusi untuk negeri.

Sebelumnya
Selanjutnya