Rabu, 18 Agustus 2021

Keutamaan Puasa Tasu'ah dan Tasyurah Di Bulan Muharram 1443 H



ARTIKEL, KNEWS-  Bulan Muharram adalah bulan yang dimuliakan Allah SWT. Umat Islam dapat mengerjakan ibadah sunnah di bulan mulia ini, yakni puasa Tasu'a dan Asyura. Sebagai bulan yang dimuliakan Allah, mengerjakan amalan kebaikan di bulan ini akan tercurah kebaikan pula kepadanya. Abu Dzar ra berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah SAW: "Malam apakah yang lebih baik dan bulan apakah yang lebih utama?" Beliau menjawab" "Sebaik-baiknya malam adalah pertengahannya. Bulan yang paling utama adalah bulan Allah yang kalian sebut Muharram." (HR. An-Nasa'i)

"Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Saw berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan berpuasa pada hari itu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits No. 1253:

"Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, ia berkata: "Rasulullah Saw bersabda: 'Seandainya aku masih hidup tahun depan, sungguh aku akan berpuasa pada tanggal sembilan (Muharram)." (HR. Muslim).

Keutamaan Puasa Tasu'a dan Asyura yang jatuh pada hari kesembilan dan kesepuluh bulan Muharram adalah diampuninya dosa satu tahun yang telah lalu, dikutip dari buku Panduan Muslim Sehari-hari oleh Hamdan Rasyid dan Saiful Hadi El-Sutha.

Keutamaan ibadah sunnah ini disebutkan dalam hadits Imam Muslim, Abu Qotadah Al Anshori mengatakan:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim).

Jadwal Puasa Tasu'a dan Asyura, yakni 09 Muharram 1443 H : Rabu, 18 Agustus 2021 (Puasa Tasu'a), 10 Muharram 1443 H : Kamis, 19 Agustus 2021 (Puasa Asyura).

Sebelumnya
Selanjutnya