Selasa, 24 Agustus 2021

Manfaat Mengajarkan Ilmu Agama Bagi Anak

Sumber Foto: Pixels.com
 


ARTIKEL, KNEWS - Sekarang ini, banyak anak-anak yang sikapnya kurang baik. Tidak sedikit pula anak-anak yang terjerumus ke berbagai pergaulan bebas karena bekal ilmu agamanya sangatlah kurang. Penting bagi setiap orang tua untuk selalu menjaga, merawat dan mengawasi aktivitas anak setiap harinya. Juga, yang tidak kalah penting adalah membekali anak dengan ilmu agama yang cukup.  

Dalam hal ini pun peran Orang tua sangatlah penting dalam mendidik anaknya. Seperti kalimat yang sering kita dengar bahwa ibu adalah madrasah utama bagi ankanya.Selaras dengan perkataan Imam Al-Gozali bahwa anak adalah amanah bagi orang tuanya, hatinya bersih, dia menerima apapun yang diukirkan padanya dan cenderung terhadap apa saja yang ditanamkan kepadanya.

Oleh karna itulah jika dibiasakan di didik dalam hal kebaikan, niscaya akan tumbuh sesuai dengan didikan masa kecilnya. Berikut manfaat mengajarkan ilmu agama pada anak :

1.  Belajar Agama Mengenalkan Anak Pada Tuhan

Mengenalkan anak pada Tuhan, juga sebagai langkah awal mengenalkan anak segala kebaikan. Mengenalkan bagaimana harusnya bersikap, sopan santun dan berperilaku sehari-hari. Terangkan pada anak bahwa apa yang ada di bumi, yang ada di sekitar dan semua hal lainnya adalah ciptaan Tuhan. Misalnya, kenalkan anak pada hembusan angin, air di sungai, burung-burung, turunnya hujan, adanya gunung-gunung, langit, bintang, manusia, bunga dan lainnya sebagai wujud kebesaran Tuhan.  

2. Belajar Agama Membentuk Karakter Anak

Seorang anak yang telah dibekali ilmu agama cukup saat usianya masih dini, ketika dewasa umumnya ini akan membuatnya bisa memahami dirinya sendiri. Dengan pengetahuan ilmu agama yang cukup, sadar atau tidak hal ini akan membentuk karakter anak di masa depan. 

3. Mengenalkan kebaikan dari yang paling dasar hingga yang paling tinggi tingkatannya. 

Anak-anak mestinya diajarkan jenis-jenis kebaikan yang paling dasar hingga yang tinggi tingkatannya. Agar dia lebih paham cara berbuat kebaikan meski dengan hal-hal sederhana. 

4. Anak akan menjaga diri dari hal-hal yang dilarang norma masyarakat atau pun agama.

Anak yang memiliki pemahaman agama akan secara otomatis paham akan norma-norma agama ataupun masyarakat. Mereka akan menjauhkan diri dari segala larangan-larangan yang berdampak negatif bagi diri sendiri ataupun orang sekitar.  

Itulah beberapa manfaat mengajarkan anak tentang ilmu agama. Maka dari itu perlu peran penting dari orang tua dalam mengajarkan hal tersebut.


Dil

Sebelumnya
Selanjutnya