Sabtu, 04 September 2021

Produktifkan Istri Pemulung, Tim PKM-PM FT UNM Laksanakan Pelatihan Pembuatan Ecobrick

MAKASSAR, KNEWS - Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) FT UNM melaksanakan pengabdian dengan program Pelatihan Pembuatan Ecobrick dari Sampah Plastik yang berlokasi di Kelurahan Tamangapa Antang Kota Makassar. 

Tim PKM-PM FT UNM terdiri dari mahasiswa UNM dari berbagai jurusan yakni Nur Elisa (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) dengan 4 rekan lainnya yaitu Gian Fikriansyah. B (Pendidikan Kimia), Muh. Fajrul (Pendidikan Kimia), Ria Rahayu (Pendidikan Kimia), Wulandari Surya (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga) serta dengan Dosen Pendamping yakni Rissa Megavitri.

Ketua PKM-PM FT UNM, Nur Elisa mengatakan bahwa program yang di canangkan oleh tim PKM-PM FT UNM dapat menyelesaikan permasalahan sampah.

"Kegiatan PKM yang dilakukan dalam menyelesaikan suatu permasalahan sampah di TPA Antang perlu adanya pengolahan sampah tersebut. Pada kasus ini, permasalahan yang ada dikategorikan dalam tiga hal," terangnya.

Adapun permasalahan sampah di TPA Antang dikategorikan dalam tiga hal, meliputi :

Pertama, banyaknya sampah yang dihasilkan setiap hari di TPA Antang sebagai salah satu pusat pembuangan akhir yang banyak menghasilkan sampah plastik.

Kedua, pemulung hanya memilah sampah untuk dijual kembali tanpa adanya pemanfaatan/mengolah sampah yang dijadikan suatu barang yang berguna. Dengan hal tersebut pemulung sampah hanya mendapatkan upah/hari sekitar 20-30 ribu sekali timbang.

Ketiga, masyarakat di desa ini di dominasi oleh istri pemulung yang kurang produktif dirumah dan hanya menerima penghasilan dari hasil memulung suami mereka.

Sementara itu, diketahui Pelatihan Pembuatan Ecobrick sebagai alternative dalam mengelola sampah plastik yang banyak terdapat di TPA Antang, hal ini sebagai salah satu solusi dalam mengurangi sampah dan meningkatkan penghasilan Istri pemulung di TPA Antang Kota Makassar.

Gian Fikriansyah. B juga mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut sebagai media inovasi barang yang bernilai.

"Pelatihan ini bukan hanya sekedar pelatihan dalam membuat ecobrick namun dilatih cara membuat suatu inovasi barang yang berguna dan juga dapat bernilai jual. Dalam hal ini, produk dari ecobrick yang akan dibuat oleh istri pemulung adalah sofa dalam," katanya. Sabtu (3/7/2021).

Sia

Sebelumnya
Selanjutnya