Senin, 11 Oktober 2021

Program Kampus Merdeka Membangun Desa Prodi Ilmu Administrasi Negara Unismuh Segera Terlaksana

GOWA, KNEWS - Prodi jurusan ilmu Administrasi Negara Unismuh makassar sukses menyelenggarakan acara penyerahan mahasiswa prodi jurusan ilmu Administrasi negara yang bertempat di Sapobonto, Desa Sapobonto Kec. Bulukumpa Kab. Bulukumba. (09/10/2021)

Dalam rangka merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dengan program "membangun desa" yang di mana program ini merupakan salah satu dari beberapa program kegiatan belajar di luar kampus yang di naungi langsung oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).

Kampus Merdeka merupakan program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja kedepannya, dan merelealisasikan potensi desa terkhusus nya di desa sapobonto. Adanya konsep MBKM tentunya bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus. Konsep ini pada dasarnya menjadikan mahasiswa untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan diluar kampus. 

Ketua Prodi Nasrul Haq dan peserta program membangun desa, Kepala Desa Sapobonto melaksanakan kegiatan penyerahan mahasiswa dan penandatanganan perjanjian kerjasama yang bertempat di kantor Desa Sapobonto Dusun Lemponge  yang disaksikan secara langsung oleh Kepala Dusun serta masyarakat setempat Desa Sapobonto Kec. Bulukumpa Kab. Bulukumba.

Membangun Desa merupakan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang mengasah softskill dan kolaborasi lintas disiplin mahasiswa dalam mengelola program pembangunan diwilayah pedesaan. MBKM Membangun Desa memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah masyarakat di luar kampus, dengan secara langsung berkolaborasi bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah, serta mengembangkan potensi suatu desa/daerah dan mengkaji solusi untuk masalah yang ada di desa/daerah tersebut.

Ketua prodi jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Makassar l, Nasrul Haq menyampaikan harapannya saat ditemui.

"Adanya program ini, mahasiswa mampu mengembangkan potensi serta mampu mengimplementasikan ilmu yang telah di dapatkan di kampus, kemudian diharapkan mahasiswa mampu bersosialisasi dan bekerja dengan masyarakat dalam hal pembangunan Desa," terang Kak Naz akrabnya.

Rahmat

Sebelumnya
Selanjutnya