Minggu, 26 Desember 2021

LP3M dan Fisip Unismuh Makassar Sukses Adakan Seminar Hasil MBKM


MAKASSAR, KNEWS - Lembaga Peneliti Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) sukses menggelar Seminar Hasil Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertempat di UBC Lt. 2 Gedung Iqra Unismuh Makassar, Sabtu (25/12/2021).

Dengan mengangkat tema "Seminar hasil program penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS Ditjen Ristekdikti" diharapkan mampu memberikan pemahaman baru kepada mahasiswa.

Dalam kegiatan ini menghadirkan 3 pembicara profesional yakni Dekan Fisip Unismuh, Ihyani Malik, Wakil Dekan 1 Fisip Unismuh, Andi Luhur Prianto, Ketua Tim Peneliti/Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara Fisip Unismuh, Nasrul Haq.

Adapun beberapa poin yang disampaikan pada kegiatan ini sesuai dengan Hasil Survey/Penelitian dilapangan yakni :
1. Masih banyak mahasiswa Fisip belum memahami MBKM
2. Sebagian besar mahasiswa Fisip memilih MBKM Praktik Kerja dibanding yang lain
3. Sebagian besar mahasiswa Fisip ingin ikut kegiatan MBKM
4. Kendala yang dihadapi selama pelaksanaan MBKM yakni pembimbingan kurang, pendanaan terbatas, mitra minim informasi dan batasan aktivitas pembelajaran

Sekretaris LP3M Unismuh Makassar, Muh Arief Muhsin, mengatakan bahwa ini akan menjadi bahan evaluasi kedepan.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi evaluasi pelaksanaan MBKM di Unismuh Makassar untuk perbaikan kedepan," jelasnya.

Diketahui, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diprogramkan oleh Kemdikbud dalam bentuk bantuan pendanaan program penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa Pts Ditjen Dikti Ristek Kemdikbud Ristek pada Tahun Anggaran 2021.

Bang Rahmat

Sebelumnya
Selanjutnya