Sabtu, 16 April 2022

Ketua DPRD Makassar Dukung Pemkot Fasilitasi Gelaran Balap

 


MAKASSAR, KNEWS - Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo mendukung langkah Pemerintah Kota (Pemkot) yang memfasilitasi digelarnya balapan di ruas Jalan AP Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan.

Namun kegiatan yang diharapkan mencegah balap liar tersebut harus dipastikan mendapat persetujuan kepolisian.

“Ketika Pemkot sudah turun gunung memfasilitasi tentu harus dengan perizinan-perizinan, mempertimbangkan aspek jalan mana yang lebih cocok, waktunya larut malam ketika tidak ramai pengguna jalan,” ujar Rudianto, Sabtu (16/4/2022).

Balapan motor di Jalan AP Pettarani belakangan baru mendapat izin dari Balai Besar Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar. Saat ini pelaksanaannya sisa menunggu izin kepolisian.

“Makanya saya katakan kalau Pemkot memfasilitasi tentu harus ada lengkap resmi izinnya. Itu yang membedakan kalau tidak difasilitasi pemerintah, karena itu semua pihak terkait saya kira akan setuju untuk kebaikan,” sebut dia.

Rudi mengaku kegiatan ini harus mendapat dukungan sebagai upaya mengatasi balap liar yang marak di Makassar. Apalagi aktivitas sejumlah anak muda tersebut di jalanan dianggap mengganggu ketertiban warga.

“Justru kita mendukung langkah Pemkot karena pemerintah hadir memberi ruang, tempat bagi anak muda kita yang selama ini balapan-balapan liar yang tidak resmi yang meresahkan warga,” urai dia.

Rudi menekankan agar pelaksanaannya dipersiapkan dengan baik. Pemkot Makassar menggandeng instansi dan komunitas terkait untuk mengawal balapan resmi ini.

“Dalam perkembanganya kan dinas terkait dalam hal ini Dispora bersama KONI tentu harus memformulasikan dengan tempat yang representatif, izinnya, kemudian waktunya,” papar Rudi.

Legislator Fraksi Nasdem ini berharap semua pihak bisa berpikir positif dengan langkah yang diusung Pemkot Makassar. Apalagi tujuannya memfasilitasi pembalap liar untuk penyaluran bakat dan minat dalam kompetisi resmi di jalan.

“Menurut saya langkah pemerintah kota sudah benar. Daripada pemerintah tidak memberi ruang, membiarkan anak muda kita justru yang nanti akan bermasalah,” tambahnya.

Dia berharap Pemkot Makassar tetap mendorong hadirinya sirkuit balap khusus di Kota Makassar. Pasalnya, balapan di Jalan AP Pettarani hanya sebagai solusi jangka pendek dalam mengatasi balap liar.

“Kita kan belum punya arena balap atau sikuit. Jadi solusi jangka pendeknya adalah dengan memberi ruang kepada anak-anak muda kita yang selama ini banyak lakukan balapan liar di jalan-jalan,” jelas Rudi.

(Asrul)

Sebelumnya
Selanjutnya