Minggu, 15 Juli 2018

Fadly Pemuda Kolaka, Menjadikan Hobby Sebuah Bisnis


KNEWS, KOLAKA - Bagi pecinta kopi, bisnis yang berkaitan dengan kopi mungkin menjadi impian anda. Namun sebenarnya apa yang ada dibalik kesuksesan bisnis kopi yang kini banyak menjamur di kalangan masyarakat? Cerita dari seorang anak muda kolaka berikut ini akan memberi anda inspirasi mengenai rahasia sukses bisnis kopi.

Ir. Ahmad Fadli Ibrahim, MT demikian nama lengkapnya. Adalah alumni magister Fakultas Tehnik Universitas Hasanuddin, anak bungsu dari tiga bersaudara.

Ally Sapaan akrabnya kepada KNEWS, bercerita banyak, ia terjun di dunia bisnis tidak hanya butuh modal, tapi juga keberanian dan strategi untuk masuk ke dalam panasnya persaingan pasar.

Tidak jarang pula yang memula merintis usaha dari kecintaan atau hobi pada jenis hal tertentu. Salah satunya contohnya apa yang di lakukan olehnya bernama yang melirik potensi keuntungan dari hobi orang Indonesia menikmati kopi sambil bercengkrama dengan para kerabat disore atau bahkan malam hari.

Ally kini tercatat sebagai manager Kedai Kopi Oii Kolaka di Sulawesi Tenggara, bermula setahun dua tahun silam saat itu dirinya belum terlihat secara langsung di bisnis ini. Siapa menduga, berkat ketekunannya itu ternyata diluar bayangan semua orang, simpel, kala itu ia hanya sering nongkrong sambil menikmati kopi sehingga terpikir dan diinisiasi bersama Kakak Ipar dan sepupunya Adi dan Awal.

Bisnis ini tercetus bukan di cafe mewah, tapi di tengah gelak tawa para penikmat kopi kalangan muda. Mereka mendirikan sebuah tempat sarana informasi, belajar dan diskusi bagi kalangan insan pers, para aktivis, dan juga para politisi di Kabupaten Kolaka, sekaligus yang juga berfungsi sebagai ruang usaha bagi anak muda seperti Ally, Berdirilah kedai sederhana yang diberi nama Kedai Kopi Oii atas dasar rasa sosial dan jiwa entrepreneurship.

Tidak butuh waktu lama agar kedai kopi Oii menjadi tempat ngopi favorit. Kedai kopi ini memiliki konsep yang kuat dan berbeda dari pesaingnya yaitu menyediakan beragam kopi Indonesia, dengan anak-anak muda kreatif sebaga penyajinya, suasana yang santai dengan desain etnik lokal bertempat di samping sekretariat PWI Kabupaten Kolaka di tengah jantung Kota Kolaka membuat Kedai ini strategis untuk di akses dan mudah, membuat Seiring berjalannya waktu, ternyata banyak pelanggan yang menyukai kopi yang disajikan Kedai Kopi Oii.

Tak ayal Kedai Kopi Oii pun makin dikenal oleh berbagai kalangan di Kabupaten Kolaka, terutama di kalangan anak muda. Mereka seakan terikat pada filosofi yang sama, yaitu menikmati kebersamaan dalam secangkir kopi hangat.

Ternyata inovasi dan keberanian mencoba hal baru menjadi salah satu rahasia sukses bisnis kopi yang dialami Kedai Kopi Oii, racikan dari para barista muda banyak disukai dan kini sukses menghipnotis banyak lidah pelanggan khususnya kaula muda di Kabupaten Kolaka dan pada akhirnya Ally bertekad serta bercita-cita menargetkan akan membuka cabang outlet Kedai Kopi Oii di Kota Kendari Jika bisa dan ada rejeki di Kota kota besar seperti Makassar dan Jakarta serta memasarkan racikan kopinya khususnya kopi lokal Kolaka hingga ke keluar negeri. Ceritanya saat di wawancarai awak media KNEWS.

Sebelumnya
Selanjutnya