Sabtu, 28 Juli 2018

KKN-PPM UNM Gelar Pelatihan Olahan Rumput Laut di Tiga Desa Sekaligus


KNEWS, BARRU - 81 mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata dan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru melakukan pelatihan diversifikasi olahan pangan dari ikan dan rumput laut cottoni di tiga desa yang menjadi tempat mengabdi yaitu Desa Pancana, Lasitae, dan Corawali (Alumpangeng). Sabtu (28/7/2018) 

Setiap desa terdiri atas 27 orang mahasiswa yang sebelumnya telah mendapat pembekalan dari Dosen pengabdi, Dr. Ernawati S. Kaseng, S.Pi,.M.Si

Masyarakat sangat antusias dengan adanya pelatihan ini. Terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir saat pelatihan berlangsung.


Sahri Banong, salah satu peserta pelatihan mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat membantu masyarakat dalam mengolah ikan dan meningkatkan penghasilan Ibu Rumah Tangga (IRT)

"Biasanya kalau dapatki ikan, dijemurji saja baru dijual, tapi ini diolahki jadi produk lain lagi seperti bakso ikan, abon, otak-otak, kaki naga, nugget baru diajarki juga  bagaimana caranya supaya baguski label produkta jadi bisaki dapat uang lebih banyak daripada dijemur saja" katanya kepada KNEWS.

Strategi yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pemberdayaan kelompok sasaran  dengan pendampingan belajar sambil bekerja.


Dr. Ernawati S. Kaseng, S.Pi,.M.Si selaku Dosen pembimbing lapangan berharap Desa Pancana dan Alumpangeng menjadi desa percontohan bagi produksi produk ikan laut yang bernilai ekonomis.

"Desa Pancana dan desa Alumpangeng Kecamatan Tanete rilau  merupakan salah satu sentra industri perikanan air laut di Kabupaten Barru yang mempunyai potensi cukup besar dalam menggerakkan perekonomian, dengan melakukan pelatihan ini, saya harap desa Pancana dan Allumpangeng menjadi percontohan sebagai masyarakat yang memiliki jiwa kewirausahaan. " Kata Ernawati dalam rilis, Sabtu 28/07/2018

*Asrianti Putri Lestari

Sebelumnya
Selanjutnya