Sabtu, 21 Juli 2018

LPM Penalaran UNM Gelar PKTIR


KNEWS, MAKASSAR - Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran UNM (LPM-Penalaran UNM) kembali mengadakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Remaja (PKTIR).

Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Remaja ini merupakan salah satu program  kerja pengurus harian  LPM-Penlaran UNM periode 2017-2018 yang dimulai pada tanggal 20-22 Juli 2018. PKTIR ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya meneliti dan menulis remaja dengan inti kegiatan pelatihan, pembuatan karya tulis ilmiah, dan pembawaan  materi .

Proses pelatihannya berupa  indoor maupun outdoor dimana siswa/siswi akan diajarkan proses penulisan yang baik dengan didampingi oleh mentor. Peserta diberikan materi mengenai karya tulis ilmiah non penelitian yang terdiri dari; eksplorasi ide, studi pendahuluan, studi kepustakaan, metode dan pembahasan, penyusunan hasil akhir karya tulis ilmiah, dan teknik presentasi.

Dalam pantauan KNEWS, Sebanyak 50 siswa pilihan dari SMA Bosowa School Makassar  mengikuti kegiatan PKTIR ini. Kegiatan ini dibuka pada tanggal 20 juli 2018 di asrama Bosowa  School Makassar.

“Harapan saya semoga kegiatan ini dapat memberi tambahan pengetahuan kepada adik-adik siswa SMA School Makassar khususnya bidang penulisan kaya tulis ilmiah agar ilmu yang mereka dapatkan nantinya dapat mereka aplikasikan di masyarakat,” kata Agus Kurniadi selaku ketua panitia.

Slanjutnya Agusman selaku Ketua Umum LPM Penalaran UNM Berharap bahwa siswa yang mengikuti pelatihan bisa memiliki pengetahuan baru mengenai karya tulis.

“Harapan kami tentunya dari LPM Penalaran UNM kegiatan yang seperti ini bisa diminati oleh remaja-remaja jaman sekarang agar mereka terbantu untuk menciptakan kegiatan-kegiatan yang positif selain itu kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi para siswa-siswi. Selain itu kegiatan ini merupakan wujud dari pengbdian masyarakat sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi,” pungkas Agusman.

*Zainab

Sebelumnya
Selanjutnya