Sabtu, 21 Juli 2018

Menanti Hattrick, Wapres JK Ketiga Kalinya?

KNEWS, JAKARTA - Teka Teki Apakah Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) Berminat Maju Pada Pilpres 2019 Mulai Terkuak? Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) rupanya bersedia untuk jadi pihak terkait dalam gugatan Perindo atas syarat cawapres ke MK. Jika gugatan itu diterima, tak menutup kemungkinan JK kembali jadi cawapres di Pilpres 2019.

"Pihak terkait iya, atas gugatan yang diajukan Perindo. Karena dalam gugatan tersebut, Perindo menegaskan dukungan kepada Pak JK," kata jubir wapres Husain Abdullah saat memberi keterangan persnya.

Husain mengatakan tak menutup kemungkinan bila JK akan kembali jadi cawapres. Meski sebenarnya JK berniat untuk 'beristirahat' setelah tugasnya sebagai Wapres periode ini paripurna.

"Sejak awal Pak JK konsisten bahwa sejatinya ingin istirahat dan tidak ingin melanggar aturan. Tapi kalau untuk kepentingan bangsa dan aturan memungkinkan, tentu Pak JK akan mengesampingkan kepentingan pribadinya," tutur pria yang akrab disapa Ucheng tersebut.

Ucheng menegaskan, posisi JK adalah sebagai pihak terkait. Adapun pemohonnya tetaplah Partai Perindo.

"Pihak Terkait; dalam hukum acara disebut pemohon intervensi, dan pengadilan wajib menyampaikan pihak yang terkait masalah tersebut, kebetulan materi permohonan pemohon dalam hal ini Perindo adalah tentang keberatan atas pembatasan hak konstitusi Wapres, sehingga hanyalah Pak JK yang berhak mengajukan sebagai pihak terkait. Posisi Pak JK bukanlah sebagai pemohon atau penggugat tetapi pihak terkait," papar Ucheng.

Sebagaimana Diketahui Partai Perindo menggugat UU No 7/2017 tentang Pemilu. Mereka menggugat Pasal 169 huruf n yang dianggap menghalangi Wapres JK untuk maju pada Pilpres 2019.

Sementara dalam wawancara Presiden Jokowi secara eksklusif beberapa waktu lalu, termasuk soal cawapres. Jokowi juga memberi penilaian untuk JK.

"(Nilai) antara 9 dan 8, lebih ke 9," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan di Istana Merdeka, beberapa waktu lalu.

Jokowi menilai JK memiliki kriteria yang lengkap. Bukan hanya dalam politik dan ekonomi, JK juga berpengalaman di bidang kemanusiaan.

"Kita ngerti Pak JK itu dari sisi pengalaman di semua dunia. Dunia apa sih pak JK yang belum? Sepakbola pernah pegang PSM, masjid Ketua DMI, partai pernah jadi Ketum Golkar. Menteri berapa menteri dia pegang, wapres, menko. Apa coba, apa yang belum?" tutur Jokowi.

Jokowi pun berharap pasangannya pada Pilpres 2019 nanti akan setara atau mendekati seperti JK. Akankah JK jadi cawapres untuk ketiga kalinya? Mari Kita Tunggu?
(KNdtc)

Sebelumnya
Selanjutnya