Jumat, 05 Juni 2020

LP2M UNM Selenggarakan Pelatihan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Virtual Bagi Guru di Tengah Pandemi Covid-19

Diskusi Virtual
KNEWS, MAKASSAR - Pusat Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan LP2M UNM kembali melakukan salah satu kegiatan tridarma Perguruan Tinggi yakni berupa kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan mengusung tema “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Kelompok Guru dan Kepala SMP di Era Pandemi Covid-19”.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor IV Prof. Dr. Gufran Darma Dirawan serta dihadiri oleh Kabid GTK Dikbud Kab. Pangkep ibu Rukmini S.Pd, M.Pd, Sabtu (30/05/20).

Kegiatan pelatihan yang dilakukan bersama LP2M UNM ini diketuai oleh Prof.Dr.Hj.Mantasiah R,M.Hum yang didampingi oleh 2 (dua) orang anggota yakni Dr. Anwar Abdullah, M.Pd dan Andi Alamsyah Rivai, S.Pi.,M.Si.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan penelitian tindakan kelas yang dihadiri oleh Kepala sekolah dan guru-guru Sekolah menengah Pertama serta unsur pemuda berjalan dengan lancar meskipun hanya dilaksanakan secara virtual. Seluruh peserta menyambut baik kegiatan ini oleh karena penelitian tindakan kelas merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh guru-guru utamanya dalam upaya memperbaiki mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional.


Materi yang disajikan dalam pelatihan meliputi pengenalan Penelitian Tindakan kelas serta manfaat dari penelitian tindakan kelas itu sendiri. Meskipun materi pelatihan dipresentasikan secara virtual namun antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari respon peserta selama mengikuti kegiatan pelatihan.

Banyak manfaat bagi guru yang dapat dipetik dari kegiatan ini, olehnya itu Kabid GTK berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut.

“kegiatan ini terus berlanjut dan Dinas Pendidikan kabupaten Pangkep dapat bekerjasama dengan UNM dalam mengadakan kegiatan-kegiatan pelatihan kepada guru seperti ini.” Imbuhnya. (YY/Red)


Sebelumnya
Selanjutnya