Senin, 14 September 2020

Ternyata Juara Duta Bahasa 2020 Punya Segudang Prestasi

MAKASSAR, KNEWS - Duta Bahasa adalah ajang pemilihan figur generasi muda yang diketahui bertugas untuk mengampanyekan serta mensosialisasikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pemilihan duta Bahasa merupakan ajang yang selalu dinanti – nanti para generasi muda.
 
Berkat kecintaannya terhadap bahasa negaranya yang semakin terkikis akhirnya membuahkan hasil. Alfiah Ummah Suhaimah perempuan kelahiran Camba, Kabupaten Maros berhasil meraih prestasi sebagai Duta Bahasa dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Tahun 2020.

Ketika ditanya mengapa berminat jadi duta Bahasa, Alfiah sapaan akrabnya mengutarakan bahwa ia sadar betul akan banyaknya budaya asing saat ini.

“Karena saya sadar betul, budaya local (Bahasa) semakin terkikis dengan banyaknya budaya asing yang masuk di Negara kita,”ungkapnya, Senin (14/09/20)

Gadis cantik yang juga Peraih Runner Up II Duta Wisata Sulawesi Selatan ini mengatakan bahwa menjadi seorang duta Bahasa haruslah cerdas, dinamis dan mencintai Bahasa Indonesia.

“Tapi Kecerdasan tidak akan bernilai apa – apa tanpa akhlak yang baik. Sepatutnya duta Bahasa ini menjadi contoh atau model dalam penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan proporsional,”tutur lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin

Alfiah menuturkan programnya sebagai Duta Bahasa Tahun 2020 ini, ia mengatakan bahwa untuk saat ini masih sementara menyusun Krida.

“Memartabatkan Bahasa Indonesia di tengah masyarakat,” ujarnya

Menurut gadis lulusan Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri ia menuturkan akan mensosialisasikan programnya agar orang – orang bisa paham terkait dengan program tersebut.

“Kunci utamanya hari ini ya melalui media social. Maka hal termudah dan termurah yang dapat saya lakukan adalah mensosialisasikannya melalui media social yang saya miliki,” terangnya

Adapun beberapa prestasi yang pernah diraih yaitu Juara 3 Lomba Fashion Show Sophie Martin pada tahun 2006, Kontingen 3rd Asean Jambore Singapore 2011, Juara 3 Lomba Pidato Akbar Bahasa Indonesia Pondok Pesantren Gontor Putri 1 pada tahun 2011, Juara 2 Lomba Pidato Kandungan Al-Qur'an tingkat Universitas Hasanuddin, danPeraih Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) Universitas Hasanuddin 2017.

Bukan hanya itu, perempuan kelahiran Camba tersebut dapat meraih 9 prestasi sekaligus hanya dalam setahun. Tepatnya pada tahun 2018, Alfiah berhasil menyabet beberapa prestasi.

Juara 3 Lomba Catwalk Grand Mall Maros, The Best Catwalk Hijab Glamour Hotel Grand Clarion Makassar, Best of The Best Fame Modeling School, Runner Up I Azzura Hijab Hunt, Dara I Kabupaten Maros, Juara I Toyota Kalla Hijab Hunt Mall Ratu Indah, Juara I pemilihan Abi Ummi, RU II Duta Wisata Sulawesi Selatan, Finalis Putri Otonomi Indonesia dan juga sebagai 20 Besar Hijab Hunt Sunsilk Sulawesi Selatan.

(Red)

Sebelumnya
Selanjutnya