Selasa, 29 September 2020

Diplomat RI Minta Vanuatu Berhenti Urusi Papua

Source :Kompas tv

PAPUA, KNEWS - Perdebatan Indonesia dan Vanuatu kian panas di sidang majelis umum PBB(Perserikatan Bangsa-Bangsa), ini berawal dari Vanuatu yang menyinggung isu Papua di sidang PBB. Selasa, (29/09/2020).

Bob Loughman merupakan Diplomat Vanuatu mengatakan bahwa masyarakat asli Papua kian menderita dan meminta agar pemerintah Indonesia merespon seruan. 

"Di wilayah kami masyarakat asli Papua Barat terus menderita akibat pelanggaran HAM, saya menyerukan Indonesia untuk merespon seruan pemimpin Pasifik," ucap Bob Loughman. 

Tudingan itupun langsung di jawab PM RI Indonesia yakni Silvany Austin Pasaribu, ia mengatakan bahwa yang sikap Vanuatu sangat lah memalukan. Dan meminta secara tegas agar Vanuata tak ikut campur urusan domestik Indonesia. 

"Ini memalukan, bahwa negara Vanuatu tidak memiliki obsesi berlebihan dan tidak sehat mengenai bagaimana Indonesia seharusnya bertindak atau mengatur," ucap Silvany. 

Sebagai Diplomat RI Indonesia Silvany merasa bingung hal yang di sampaikan PM Vanuatu tersebut. 

"Jujur saya merasa bingung, bagaimana sebuah negara berusaha mengajarkan Negara lain tapi tidak memahami dan mengabaikan prinsip - prinsip dasar piagam PBB. Saya ingin sampaikan kepada mereka yang seharusnya dilakukan adalah menghormati prinsip dan tidak mencampuri urusan domestik Negara kami," lanjut Silvany.

"Dan yang harus dilakukan juga adalah hormati kedaulatan dan teritorial Negara lain, saya juga ingin sampaikan kepada mereka kalian bukan perwakilan orang-orang Papua dan berhenti berkhayal menjadi orang Papua," tutup Silvany.

(Nis)

Sebelumnya
Selanjutnya